Dalam dunia penanganan dan pencegahan kebakaran, keberadaan APAR menjadi sangat penting. Salah satu jenis APAR yang sering ditemui dan memiliki fungsi multifungsi adalah APAR ABC Powder. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang keunggulan APAR ini.

Apa Itu APAR ABC Powder?

APAR ABC powder media kualitas terbaik ramah lingkungan

APAR ABC Powder adalah jenis alat pemadam api yang menggunakan serbuk kering sebagai media pemadamnya. Nama “ABC” sendiri mencerminkan kemampuannya untuk memadamkan kebakaran dari tiga kelas utama, yaitu:

  • Kelas A: melibatkan bahan padat seperti kayu, kertas, dan kain.
  • Kelas B: melibatkan cairan atau gas yang mudah terbakar.
  • Kelas C: melibatkan aliran listrik.

Media serbuk kering yang digunakan biasanya mengandung Monoammonium Phosphate. Sebuah bahan kimia yang efektif dalam menghentikan reaksi pembakaran pada berbagai jenis kebakaran. Lalu, bagaimana cara kerja alat pemadam api canggih ini?

Ketika powder dari APAR disemprotkan ke api, serbuk ini akan bekerja dengan cepat untuk memutus akses oksigen, sehingga menghentikan reaksi pembakaran. Monoammonium phosphate akan menghasilkan lapisan yang menutupi bahan yang terbakar.

Teori Segitiga Api: Api terbentuk karena adanya reaksi pembakaran antara oksigen, sumber panas, dan bahan bakar. Jika salah satu unsur tersebut hilang, maka api akan padam.

Apa bedanya APAR ABC Powder dan APAR CO2? Dua jenis alat pemadam api yang memiliki karakteristik dan kegunaan berbeda berdasarkan jenis kebakaran yang dapat ditangani dan cara kerjanya dalam memadamkan api.

APAR CO2 menggunakan media pemadam berupa gas Karbon Dioksida (CO2). Gas ini tidak meninggalkan residu apa pun setelah pemakaian, menjadikannya pilihan yang baik untuk melindungi peralatan yang sensitif terhadap kerusakan oleh serbuk.

Penggunaan APAR CO2 cocok untuk kebakaran kelas B dan kelas C. APAR ini sangat sesuai untuk digunakan pada peralatan elektronik, laboratorium, atau di lingkungan yang tidak bisa terkontaminasi oleh APAR yang menghasilkan residu, seperti APAR powder.

Ampuh Padamin Api, APAR ABC Powder Mengandung Monoammonium Phosphate Konsentrat Tinggi

Dalam upaya pengendalian dan penanganan kebakaran, efektivitas alat pemadam menjadi kunci utama. APAR dengan formula ABC Powder yang mengandung Monoammonium Phosphate telah terbukti sebagai salah satu solusi terampuh dalam memadamkan api.

APAR ABC powder monoammonium phosphate kualitas terbaik

Monoammonium Phosphate adalah senyawa kimia dengan rumus NH4H2PO4. Senyawa ini sering digunakan sebagai bahan pupuk karena mengandung nitrogen dan fosfor yang penting untuk pertumbuhan tanaman.

Selain itu, Monoammonium phosphate juga sering digunakan dalam beberapa industri, termasuk industri pembuatan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) berbasis serbuk kering, khususnya untuk jenis APAR ABC powder, seperti APAR Powder Firefix.

APAR Powder Firefix menggunakan media kualitas terbaik dengan kandungan phosphate lebih tinggi dibanding APAR pada umumnya, yaitu 70-90%. Semakin tinggi konsentrat Monoammonium Phosphate pada APAR powder Firefix, api terbukti padam lebih cepat.

Kandungan phosphate dalam APAR ABC powder bekerja dengan cara menutupi bahan yang terbakar, memutus akses oksigen, dan secara simultan mendinginkan bahan. Melalui kemampuan tersebut, APAR Powder dapat memadamkan api dengan cepat.

Monoammonium Phosphate dipilih karena beberapa alasan utama, di antaranya:

1. Efektivitas Tinggi

APAR ABC powder mampu memadamkan api dengan cepat dan efektif dengan cara mendinginkan bahan yang terbakar dan menghalangi oksigen dari sumber api, sehingga memutus rantai reaksi pembakaran. Cocok untuk mengatasi kebakaran kelas A, B, dan C.

2. Ramah Lingkungan

Berbeda dengan bahan kimia pemadam lain yang mungkin berpotensi merusak lapisan ozon atau memiliki dampak negatif terhadap lingkungan, Monoammonium Phosphate lebih ramah lingkungan. Ini menjadikannya pilihan yang ideal untuk penggunaan di berbagai lingkungan, termasuk area terbuka dan tertutup.

3. Aman untuk Manusia & Hewan

Monoammonium Phosphate dianggap lebih aman untuk manusia dan hewan dibanding bahan kimia lainnya. Hal ini menjadikannya pilihan yang lebih baik dalam situasi darurat dimana keselamatan orang merupakan prioritas utama.

Berapa Lama Masa Expired APAR ABC Powder?

APAR ABC Powder masa expired lama 5 tahun

Tau nggak sih? Setiap jenis APAR itu punya masa expired atau masa kadaluarsa masing-masing, loh! Termasuk APAR ABC Powder ini. Mengetahui berapa lama masa expired APAR sangat penting untuk memastikan alat ini selalu ready to use.

Lalu, berapa lama masa expired APAR ABC Powder? Masa kadaluarsa setiap APAR mungkin berbeda-beda, tergantung pada merk APAR tersebut. Contohnya, APAR Powder Firefix memiliki masa kadaluarsa 5 tahun, jauh lebih lama dibanding APAR lain.

Kok bisa masa kadaluarsanya selama itu? Tentu saja, ini karena APAR powder Firefix menggunakan media Monoammonium Phosphate kualitas terbaik dan memiliki konsentrat tinggi. Dimana kandungan phosphate APAR Firefix lebih tinggi dari APAR lin.

Perlu kamu ketahui bahwa APAR dengan bahan berkualitas tinggi, cenderung memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan yang berkualitas rendah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan APAR berkualitas, seperti Firefix.

Masa expired APAR juga tergantung pada media pemadam yang digunakan. Jadi, sangat penting untuk mengecek masing-masing APAR yang kamu miliki untuk mengetahui kapan masa kadaluarsanya. Masa expired APAR Firefix antara lain:

  • APAR ABC Powder: 5 tahun
  • APAR CO2: 5 tahun
  • APAR Liquid Gas: 5 tahun
  • APAR foam: 2 tahun

Dengan masa expired yang lama, kamu bisa hemat hingga 2x lipat. Kenapa? Karena kamu nggak perlu repot-repot untuk mengganti bahan pemadam atau refill APAR berkali-kali. Refill APAR ABC powder cukup 5 tahun sekali, sehingga perawatan APAR-mu sangat hemat di kantong.

APAR ABC powder canggih terkoneksi aplikasi sistem proteksi kebakaran no 1 di indonesia

Nah, kalau pakai APAR ABC Powder Firefix, kamu juga nggak perlu khawatir akan kelupaan masa expired alat pemadam api milikmu. Soalnya, Firefix adalah alat pemadam api canggih yang terkoneksi ke Aplikasi Sistem Proteksi Kebakaran No.1 di Indonesia, Firecek.

Cukup scan QR pada tabung APAR Firefix, kamu bisa simpan data APAR-mu dengan mudah. Nantinya, Firecek bakal kasih tau kamu jika APAR-mu sudah mendekati masa kadaluarsa. Jadi, agenda refill APAR expired nggak bakal kelewatan deh.

Cara Menggunakan APAR ABC Powder Makin Asyik Pakai Selang Magnet Estetik

APAR ABC Powder dengan selang magnet merupakan inovasi terbaru dari alat pemadam api canggih, Firefix. Teknologi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan dalam situasi darurat bagi penggunanya.

Selang magnet (magnetic hose nozzle) adalah fitur dimana bagian nozzle selang dan bodi tabung APAR menggunakan sistem magnet. Dengan fitur magnet pada selang, kamu bisa dengan mudah menempelkan ujung selang (nozzle) ke bodi APAR saat tidak digunakan.

APAR ABC powder mudah digunakan dengan fitur selang magnet

Cara menggunakan APAR ABC Powder dengan selang magnet adalah sebagai berikut:

  • Pull (Tarik Pin Safety): Tarik pin pengaman yang terdapat pada APAR ABC powder. Pin ini berfungsi untuk mencegah APAR digunakan secara tidak sengaja. Peganglah APAR dengan posisi yang stabil dan tarik pinnya dengan kuat hingga lepas.
  • Aim (Arahkan): Setelah pin pengaman dilepas, pegang ujung nozzle dan lepaskan selang magnet yang menempel ke tabung APAR. Arahkan nozzle ke dasar api, bukan ke tengah atau atas nyala api.
  • Squeeze (Tekan): Tekanlah tuas atau handle pada APAR dengan kuat untuk melepaskan media pemadam yang terdapat di dalamnya. Pastikan untuk memegang APAR ABC powder dengan kedua tangan untuk stabilitas dan kontrol yang lebih baik.
  • Sweep (Sapu): Sambil terus menekan tuas, gerakkan nozzle atau selang pemadam ke kiri dan ke kanan dalam gerakan menyapu untuk menutupi area yang terbakar secara merata dengan media pemadam.

Selang magnet hanya memudahkan penyimpanan dan pengambilan APAR dalam situasi darurat, tetapi juga membantu menjaga selang tetap rapi dan terlindung dari kerusakan. Bahkan, selang magnet ini juga turut menambah nilai estetika pada desain APAR.

Ditambah lagi, APAR ABC Powder Firefix juga didesain dengan teknologi screen printing dan lapisan coating. Screen printing membuat informasi pada tabung APAR terlihat lebih jelas dan tidak mudah pudar. Sementara lapisan coating membuat warna merah pada tabung APAR Firefix tampak selalu baru dan tidak mudah kusam.

Tertarik menggunakan APAR ABC Powder yang punya fitur canggih seperti selang magnet? Kamu bisa mendapatkan produk yang asli dengan penawaran harga terbaik DISINI. Gratis ongkir untuk pengiriman Kota Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan DKI Jakarta.

Recommended Posts

Leave a Comment

0