Halo, Fire Gankz! Pernah penasaran nggak sih, apa saja bagian bagian dari APAR (Alat Pemadam Api Ringan)? Nah, di artikel ini kita akan bahas lebih dalam tentang komponen APAR dan fungsinya. Jadi, yuk, simak baik-baik!

Kenapa Ya Kita Harus Ngerti Bagian Bagian APAR dan Fungsinya?

bagian bagian apar rekomendasi lab damkar

Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, “Kenapa ya, kita harus tahu komponen alat pemadam api dan fungsinya?” Bukannya cukup tahu cara pakainya aja? Jangan salah! Memahami komponen alat pemadam api itu sangat penting, loh!

Pertama dan yang paling penting, memahami komponen dan fungsi alat pemadam api itu kayak nyiapin tameng buat perang. Dengan memahami komponen APAR, kamu jadi lebih siap dan tangkas dalam menghadapi kebakaran. Jangan sampai deh, pas butuh, baru deh kelabakan.

Tau nggak? Alat pemadam api itu ada berbagai jenis loh! Masing-masing punya ‘senjata’ khusus untuk memadamkan kelas kebakaran tertentu. Ada yang isi foam, powder, liquid gas, sampai CO2. Kalau sudah paham tentang APAR, kamu bisa pilih ‘senjata’ yang tepat untuk memadamkan api.

Tahu bagian-bagian alat pemadam api nggak cuma bikin kita jago dalam memilih, tapi juga dalam menggunakan. Misalnya nih, tahu kapan harus buka pin pengaman, cara pegang handle yang benar, dan arahin nozzle ke sumber api.

Ini nih yang paling utama! Keselamatan. Mau di rumah, kantor, atau di mana pun, kebakaran bisa terjadi kapan saja. Jadi, dengan tahu komponen dan fungsi APAR, kita bisa memastikan bahwa kita menggunakan alat pemadam api dengan cara yang aman dan benar.

Kamu juga perlu tahu bagaimana cara merawat alat pemadam api. Misalnya, ngecek manometer untuk pastikan tekanan masih oke, atau memeriksa apakah ada bocor atau karat. Kalau kita nggak tahu bagian-bagiannya, gimana bisa merawatnya dengan benar?

7 Bagian Bagian APAR dan Fungsinya yang Harus Kamu Tau

Kalau sudah ngerti komponen alat pemadam api, kamu nggak cuma jadi pahlawan untuk diri sendiri. Tapi juga bisa nolongin orang lain di sekitarmu. Jadi, jangan sampai kita cuma tahu alat pemadam api dari luarnya aja. Yuk, kita belajar dan pahami lebih dalam lagi tentang komponen APAR.

1. Tabung APAR

bagian bagian apar tabung pemadam tahan tekanan hingga 80 bar

Pertama, kita mulai dari tubuh alat pemadam api. Ini lho, bagian utama yang biasa kita lihat, besar dan berwarna merah mencolok. Tabung APAR ini biasanya terbuat dari baja atau aluminium yang kuat. Fungsinya adalah untuk menyimpan bahan pemadam api.

Baca juga: Jenis-Jenis APAR dan Kelas Kebakaran yang Bisa Ditangani

2. Katup dan Handle

Nah, di bagian atas tabung pemadam ada yang namanya katup dan handle (pegangan). Katup ini berfungsi untuk membuka dan menutup aliran bahan pemadam. Kalau handle-nya ditarik, katup akan terbuka, dan bahan pemadam siap menyembur keluar untuk memadamkan api.

3. Nozzle

Berikutnya, ada nozzle atau semprotan. Ini lho, ujung dari selang APAR yang berfungsi untuk mengeluarkan bahan pemadam. Jadi saat menggunakan APAR, komponen yang dipegang adalah nozzle agar semprotan media APAR bisa lebih fokus pada titik api.

4. Pressure Gauge

bagian bagian APAR pressure gauge pengukur tekanan

Bagian penting lainnya adalah manometer. Ini seperti mata yang mengintai tekanan di dalam APAR. Manometer ini penting untuk memastikan bahwa alat pemadam ini dalam kondisi siap pakai. Kalau jarumnya menunjuk pada area hijau, berarti APAR dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Cara Membaca Jarum Indikator Tekanan APAR Sesuai Standar

5. Safety Pin

Apa fungsi safety pin pada APAR? Seperti namanya, safety pin ini berfungsi untuk menjaga tabung pemadam agar tidak mengeluarkan media pemadam secara tidak sengaja. Jadi, sebelum pakai, ingat untuk cabut dulu pinnya ya agar media bisa keluar.

6. Selang APAR

Selang ini penting banget karena akan menghubungkan isi tabung ke dunia luar. Fungsinya untuk mengarahkan bahan pemadam ke sumber api. Bayangin deh, tanpa selang, gimana caranya kita arahin pemadam ke api yang lagi ngamuk?

7. Label dan Instruksi

Terakhir, jangan lupakan label dan instruksi yang menempel di tubuh APAR. Ini penting banget karena berisi info tentang jenis APAR dan cara menggunakannya yang benar. Jadi, jangan diabaikan ya, Fire Gankz!

Selang Magnet dan Screen Printing Bikin APAR Firefix Makin Glowing

Tau nggak sih? Sekarang APAR Firefix semakin keren dan canggih, loh! Ya, berkat adanya fitur baru bernama Magnetic Hose Nozzle atau selang magnet, kini APAR Firefix semakin praktis digunakan.

Pada umumnya, APAR tidak dilengkapi dengan fitur selang magnet. Ini berarti, untuk menyimpan selang APAR, kamu harus memasukkan atau mengaitkannya ke sabuk APAR atau nozzle holder.

Proses ini bisa memakan waktu dan terkadang membuat selang tidak terpasang dengan rapi, sehingga estetika dan kesiapan penggunaan APAR dapat terpengaruh. Untuk mengatasi masalah ini, maka diciptakan inovasi baru berupa selang magnet.

Fitur ini memungkinkan selang APAR menempel secara otomatis ke badan APAR melalui magnet yang terintegrasi. Hal ini memudahkan pengguna dalam menyimpan selang, menghemat waktu, dan memastikan selang selalu dalam kondisi siap pakai.

Selain itu, fitur magnetic hose juga meningkatkan aspek estetika dari APAR, membuatnya terlihat lebih rapi dan profesional. Bukan hanya komponen selang saja, APAR Firefix terbaru juga diupgrade dari sisi penandaan identitas produk.

Pada versi lama, identitas produk seperti merk, tipe, dan informasi lainnya umumnya ditempelkan menggunakan stiker. Meskipun fungsional, penggunaan stiker memiliki kelemahan seperti mudah terkelupas, pudar, dan kurang tahan lama.

Apalagi jika APAR disimpan pada kondisi lingkungan yang panas atau lembab. Hal ini tentu dapat menyulitkan pengguna dalam mengidentifikasi informasi penting tentang APAR. Padahal, identitas produk pada APAR sangat penting.

bagian bagian APAR panduan penggunaan

Berbeda dengan versi lama, APAR Firefix terbaru menggunakan metode screen printing untuk menandai identitas produk. Teknik ini menawarkan ketahanan yang lebih baik dibandingkan stiker. Screen printing tidak mudah pudar, terkelupas, atau rusak.

Dengan teknologi screen printing, informasi produk pada alat pemadam api Firefix dapat tetap jelas dan mudah dibaca dalam jangka waktu yang lebih lama. Penggunaan screen printing juga menambah nilai estetika pada APAR, membuatnya terlihat lebih premium dan profesional.

Cara Mengecek Bagian Bagian APAR Biar Selalu Siap Pakai

Pernah nggak sih kamu kepikiran, “Gimana ya caranya biar APAR di rumah atau kantor itu selalu siap pakai?” Tentu saja, jawabannya adalah alat pemadam api harus dicek atau diperiksa secara rutin. Menurut Peraturan APAR Permenaker, APAR harus rutin dicek setiap 6 bulan sekali.

Fire Gankz, alat pemadam api itu alat yang kita andalkan untuk memadamkan api saat situasi darurat. Bayangin kalau pas butuh, eh ternyata dia mogok. Nggak mau kan, kejadian kayak gitu? Jadi, pemeliharaan alat pemadam api itu penting banget!

bagian bagian apar dan fungsinya harus diinspeksi rutin

Komponen APAR dan fungsinya yang wajib dicek antara lain:

  • Tubuh Tabung: Cek dulu fisiknya, pastikan nggak ada karat atau penyok yang bisa mengurangi ketahanan tabung.
  • Pressure Gauge: Ini lho, alat yang nunjukin tekanan di dalam tabung pemadam. Pastikan jarumnya ada di zona hijau yang berarti tekanan masih oke. Kalau ada di zona merah, artinya alat pemadam api harus diservice atau isi ulang.
  • Pin Pengaman: Ini penting nih, pin pengaman harusnya aman di tempatnya. Kalau pinnya hilang atau rusak, alat pemadam api ini bisa ke-trigger sendiri loh.
  • Nozzle dan Selang: Mengecek selang dan nozzle itu kayak ngecek senjata utama alat pemadam api. Pastikan nggak ada yang mampet atau rusak.
  • Isi Bahan Pemadam: Cek apakah bahan pemadam masih cukup atau sudah saatnya diisi ulang.

Inspeksi APAR Zaman Now Lebih Praktis Pakai Smartphone

Nah, biar tugas inspeksi APAR-mu lebih mudah, kamu harus kenalan sama Aplikasi Sistem Proteksi No.1 di Indonesia, Firecek. Jadi, Firecek itu aplikasi yang bisa kamu pakai buat memudahkan pengecekan alat pemadam api.

Caranya gampang banget. Setiap tabung APAR Firefix punya QR Code yang bisa discan pakai aplikasi Firecek. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi deh soal kapan terakhir kali alat pemadam api kamu dicek atau diisi ulang.

bagian bagian APAR dicek rutin pakai aplikasi pengecekan APAR no 1 di indonesia

Gimana sih cara pakainya? Gampang kok! Buka aplikasi Firecek, terus scan QR Code yang ada di tabung APAR Firefix kamu. Nanti, informasi seputar alat pemadam api, seperti tanggal inspeksi terakhir, kapan harus diisi ulang, dan kondisi terkini, langsung keluar di layar. Keren kan?

Nah, salah satu fitur ciamik dari Firecek adalah reminder otomatis. Aplikasi ini bakal ngasih tau kamu kapan saatnya alat pemadam api perlu di cek lagi. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lupa atau terlewat untuk refill semua APAR-mu.

Selain itu, Firecek juga nyediain catatan digital yang rapi dan mudah diakses. Semua data pengecekan dan pemeliharaan alat pemadam api kamu tersimpan dengan aman. Ini berguna banget buat tracking history alat pemadam api kamu.

Dengan Firecek, semuanya jadi lebih mudah dan praktis. Nggak perlu lagi catat manual atau khawatir salah ingat. Semua informasi tentang alat pemadam api kamu ada di genggaman. Yuk, mulai rawat alat pemadam api kamu dengan lebih baik dan coba Firecek untuk kemudahan yang lebih.

Nah, itu dia bagian-bagian APAR dan fungsinya. Ingat ya, meskipun kita sudah paham bagian dan fungsinya, penggunaan alat pemadam api tetap harus hati-hati. Nah, buat kamu yang belum punya alat pemadam api, dapatkan alat pemadam api rekomendasi Damkar DISINI.

Recommended Posts

Leave a Comment

0