Banyak yang mengira bahwa biaya hydrotest tabung APAR sangat mahal. Hal ini membuat banyak orang ragu untuk melakukan hydrptest. Padahal, biaya yang dibutuhkan tidak semahal yang dibayangkan jika dibandingkan dengan manfaatnya.

Apa Itu Hydrotest Tabung APAR?

biaya hydrotest tabung APAR standar nfpa

Hydrotest merupakan salah satu jenis layanan inspeksi tabung APAR dengan biaya yang terjangkau. Pengujian APAR ini dilakukan untuk mendeteksi terjadinya kerusakan tabung APAR secara dini.

Proses pengetesan APAR ini mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No:PER01/MEN/1982.

Hydrostatic test disebut juga dengan uji tekanan tabung APAR. Pengetesan APAR ini dilakukan dengan memberikan tekanan hingga 1,5x dari tekanan kerja normal tabung APAR.

Teknik pengujian ini dilakukan untuk mengetahui indikasi terjadinya kerusakan maupun kebocoran pada tabung APAR. Dengan melakukan hydrotest, maka adanya kebocoran atau lubang pada tabung APAR dapat terdeteksi.

Terbentuknya lubang atau kebocoran tabung APAR yang tidak terdeteksi sejak awal bisa berdampak fatal. Sebab, tabung APAR bocor akan mengakibatkan tekanan APAR berkurang.

biaya hydrotest tabung APAR teknisi profesional

Melalui lubang-lubang kebocoran tersebut, tekanan di dalam tabung APAR akan keluar, sehingga tekanan APAR turun. Hal ini menyebabkan APAR tidak bisa berfungsi maksimal pada saat mengeluarkan media pemadam api saat digunakan untuk mengatasi kebakaran.

Kebocoran tabung APAR akan menyebabkan tekanan di dalamnya tidak stabil. Hal ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan tabung APAR meledak. Hal ini tentu sangat merugikan dibandingkan membayar biaya hydrotest tabung APAR yang cukup terjangkau.

Oleh karena itu, hydrotest sangat penting untuk mencegah hal-hal yang merugikan tersebut. Dengan melakukan hydrotest, APAR pasti lebih aman digunakan karena sudah diuji oleh teknisi yang peofesional sesuai standar.

Cara Pengetesan Tabung APAR dengan Teknik Hydrotest

Sebelum membahas berapa biaya hydrotest tabung APAR, ada baiknya untuk membahas tentang cara kerja hydrotest tabung APAR. Tata cara melakukan hydrotest telah dijelaskan secara rinci dalam standar NFPA 10.

Berikut ini adalah cara pengetesan tabung APAR secara hydrotest sesuai standar NFPA 10.

1. Pengecekan Tabung APAR Secara Visual

Langkah pertama dalam hydrotest adalah mengecek kondisi fisik dari tabung alat pemadam api secara visual. Pengecekan dilakukan terhadap seluruh sisi tabung APAR dengan tujuan untuk mengetahui kondisi tabung. Apakah ada yang mengalami korosi, penyok, dll.

2. Pelepasan Komponen Tabung APAR 

biaya hydrotest tabung APAR ekonomis dan berkualitas

Saat melakukan hydrotest, bagian-bagian APAR seperti valve, selang, dan part internet harus dilepas terlebih dahulu. Tim teknisi akan melakukan pelepasan komponen APAR tersebut menggunakan teknik yang sesuai dengan standar.

3. Pengosongan Media dari Dalam Tabung APAR

Hydrotest dilakukan terhadap tabung APAR yang sudah dikosongkan dari isi atau media di dalamnya. Untuk itu, media pemadam api harus dikeluarkan terlebih dahulu dari dalam tabung APAR. Pastikan kondisi bagian dalam tabung APAR tidak ditemukan adanya indikasi kerusakan.

4. Pengisian Tabung APAR dengan Air

Pengetesan APAR secara hydrotest dilakukan menggunakan bantuan dari media air. Selain air, hydrotest juga bisa dilakukan menggunakan cairan ringan lain yang sifatnya tidak mudah terbakar. Air dimasukkan ke dalam tabung APAR yang sudah dikosongkan dari medianya.

5. Pemberian Tekanan Pada Tabung APAR

biaya hydrotest tabung apar sesuai standar

APAR yang sudah diisi dengan media air, selanjutnya diuji secara hydrotest. Caranya adalah dengan memberikan tekanan sebesar 1,5x dari tekanan kerja normal yang dapat dihandle oleh tabung APAR tersebut. Pengetesan ini dilakukan selama 30 detik.

Setelah pengujian dilakukan, cek apakah ada sisi tabung APAR yang mengalami kebocoran dan penurunan tekanan. Terjadinya kebocoran serta penurunan tekanan APAR merupakan indikasi bahwa tabung APAR tersebut sudah tidak aman dan tidak layak untuk digunakan.

Berapa Biaya Hydrotest Tabung APAR?

Hydrostatic test pada tabung APAR wajib dilakukan oleh tim teknisi yang berpengalaman. Teknisi yang sudah terlatih tentunya lebih memahami regulasi, standarisasi, dan prosedur hydrotest sesuai standar. Dengan begitu, maka pelaksanaan hydrotest bisa lebih aman.

biaya hydrotest tabung APAR bergaransi

Selain itu, hydrotest juga membutuhkan peralatan atau perlengkapan khusus. Fasilitas yang lengkap dan sesuai standar akan membantu proses pengetesan tabung APAR memberikan hasil yang akurat.

Oleh karena itu, kamu harus menggunakan layanan hydrotest terbaik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Lalu, bagaimana dengan biaya hydrotest tabung APAR?

Tenang saja, biaya hydrotest tabung APAR tidak semahal yang dibayangkan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa biayanya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan manfaat yang akan didapatkan.

Biaya layanan hydrotest untuk tabung APAR dengan kapasitas 1-9 kg adalah Rp68.775.- saja (harga belum termasuk PPN). Sangat terjangkau bukan? Layanan hydrotest tersedia untuk berbagai jenis media APAR, yaitu foam, liquid gas, powder, dan CO2.

Jasa Hydrotest Tabung APAR Teknisi Profesional & Berpengalaman

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa hydrotest membutuhkan teknik dan peralatan khusus. Jadi, tidak mungkin kamu melakukannya sendiri bukan? Tapi tenang saja, karena ada jasa hydrotest APAR yang siap membantumu.

biaya hydrotest tabung APAR pengalaman 25 tahun

Pastikan kamu memilih layanan hydrotest APAR yang profesional dan berpengalaman. PT Bromindo Mekar Mitra adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan perawtaan tabung APAR-mu. Kenapa harus pilih Bromindo?

Bromindo telah berpengalaman lebih dari 25 tahun dan sudah melayani lebih dari 10.000 pelanggan. Jadi, pengalaman dan profesionalitas Bromindo di bidang fire protection system sudah tidak perlu diragukan.

Bromindo juga memiliki teknisi profesional dan menjadi member resmi NFPA. Jadi, prosedur hydrotest tabung APAR dijamin sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga pasti aman dan maksimal.

Tenang saja, biaya hydrotest tabung APAR di Bromindo juga cukup terjangkau. Mau konsultasi atau tanya-tanya dulu terkait hydrotest tabung APAR-mu? Yuk, langsung saja hubungi kontak kami!

Recommended Posts

Leave a Comment

0