APAR-mu sudah hampir expired atau pernah digunakan? Kalau begitu, maka perlu secepatnya diisi ulang. Tapi sebelumnya, kamu harus tau cara isi ulang tabung pemadam kebakaran yang benar sesuai standar terlebih dahulu.

Memangnya kenapa? Kalau caranya salah, itu berbahaya karena efektivitas APAR saat darurat bisa dipertanyakan. Terus, gimana cara isi ulang APAR yang benar? Baca penjelasan lengkapnya, yuk!

Apakah Tabung Pemadam Kebakaran Bisa Diisi Ulang?

cara isi ulang tabung pemadam kebakaran semua media

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dirancang dengan material yang tahan lama seperti baja, sehingga bisa bertahan lama dan mampu menahan tekanan tinggi. Desain ini memungkinkan tabung untuk digunakan, diperiksa, diisi ulang berkali-kali.

Mengisi ulang tabung pemadam kebakaran adalah praktik umum dalam industri keamanan kebakaran. Memastikan bahwa peralatan ini siap digunakan kapan saja diperlukan dengan cara yang efektif, ekonomis, dan ramah lingkungan.

Tabung pemadam kebakaran dirancang untuk pemeliharaan dan pengisian ulang yang mudah. Setelah digunakan atau setelah periode tertentu, tabung dapat diperiksa, diperbaiki jika perlu, dan diisi ulang dengan bahan pemadam yang sesuai.

Dibandingkan dengan membeli tabung pemadam baru, mengisi ulang tabung yang ada jauh lebih ekonomis. Proses pengisian ulang memungkinkan tabung untuk digunakan kembali setelah setiap penggunaan, menghemat biaya dan sumber daya.

Mengisi ulang tabung pemadam kebakaran lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan membuangnya setelah satu kali penggunaan. Hal ini mengurangi limbah dan dampak lingkungan dari pembuatan tabung baru.

Banyak layanan dan penyedia peralatan pemadam kebakaran menawarkan fasilitas pengisian ulang. Membuat proses ini mudah dan dapat diakses, sehingga mendorong penggunaan kembali tabung pemadam kebakaran yang ada.

Lalu, Kapan Harus Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran?

cara isi ulang tabung pemadam kebakaran on site service

Ada beberapa situasi atau kondisi yang mengharuskan tabung pemadam kebakaran harus diisi ulang. Dalam situasi ini, tabung APAR-mu harus diisi ulang agar ready to use saat dibutuhkan. Situasi yang mengharuskan APAR diisi ulang adalah sebagai berikut:

1. Setelah Penggunaan

Jika tabung telah digunakan, bahkan jika hanya sebagian, segera diisi ulang. Penggunaan sebagian dapat mengurangi tekanan dan kuantitas agen pemadam, membuatnya kurang efektif untuk penggunaan selanjutnya.

2. Penurunan Tekanan

Periksa secara berkala indikator tekanan pada tabung. Jika tekanan turun di bawah level yang direkomendasikan, tabung harus diisi ulang. Penurunan tekanan bisa terjadi akibat kebocoran atau perubahan suhu.

Baca juga: Cara Membaca Jarum Indikator Tekanan APAR Sesuai Standar

3. Setelah Media Kadaluarsa

cara isi ulang tabung pemadam kebakaran garansi 5 tahun

Tabung pemadam kebakaran harus segera diisi ulang jika sudah hampir expired atau kadaluarsa. APAR expired tidak boleh digunakan karena berisiko. Kualitas bahan pemadam akan turun, sehingga kurang efektif lagi untuk memadamkan api.

Terus, kapan masa kadaluarsa APAR? Setiap jenis APAR memiliki masa kadaluarsa yang berbeda, tergantung jenis media dan merk APAR tersebut. Nah, untuk APAR Firefix sendiri, masa kadaluarsanya adalah sebagai berikut:

  • APAR powder: 5 tahun
  • APAR foam: 2 tahun
  • APAR liquid gas: 5 tahun
  • APAR CO2: liquid gas

4. Kerusakan atau Korosi

Apabila tabung mengalami kerusakan fisik, korosi, atau aus, maka perlu diperiksa dan diisi ulang atau diganti sepenuhnya. Kerusakan bisa menyebabkan kualitas media di dalam tabung berkurang, sehingga tidak efektif memadamkan api.

5. Setelah Tes atau Latihan

Jika tabung APAR digunakan untuk latihan atau demonstrasi, pastikan untuk mengisi ulang setelahnya. Meskipun mungkin hanya menggunakan media APAR sedikit saja saat latihan, namun tetap harus dilakukan isi ulang karena tekanan turun.

7 Cara Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran Sesuai Standar

Mengisi ulang tabung pemadam kebakaran sesuai standar merupakan proses yang harus dilakukan dengan teliti dan oleh profesional yang berkualifikasi. Berikut adalah langkah-langkah umum yang diikuti dalam proses ini:

1. Periksa Kondisi Fisik Tabung

Sebelum diisi ulang, tabung harus diperiksa untuk mengecek kemungkinan kerusakan atau keausan. Ini termasuk pemeriksaan kerusakan fisik, seperti penyok atau karat, serta pengecekan keausan komponen seperti katup dan selang.

2. Pengosongan Isi Tabung

cara isi ulang tabung pemadam kebakaran media kualitas terbaik

Tabung harus dikosongkan sepenuhnya dari bahan pemadam yang tersisa. Dalam mengisi ulang tabung APAR, sisa bahan pemadam harus dikeluarkan semua. Tidak boleh mencampurkan dengan media pemadam baru yang akan dimasukkan.

Baca juga: Jenis Media Pemadam Api dan Kelas Kebakaran yang Diproteksi

3. Pembersihan dan Servis

Bersihkan interior dan eksterior tabung. Tabung yang rusak atau aus mungkin memerlukan perbaikan. Ini bisa mencakup mengganti komponen yang rusak, memperbaiki kerusakan fisik, atau mengganti segel dan o-ring yang aus.

4. Pengisian Ulang dengan Bahan Pemadam

Gunakan bahan pemadam yang tepat untuk jenis tabung, misalnya foam, CO2, atau powder. Cara isi ulang tabung pemadam kebakaran harus dengan alat yang tepat dan isi tabung sesuai kapasitas yang ditentukan.

5. Pemeriksaan Tekanan

cara isi ulang tabung pemadam kebakaran teknisi berpengalaman

Setelah diisi, tabung harus diuji untuk memastikan tekanan berada dalam batas yang aman ditandai dengan jarum manometer yang menunjuk area hijau (13-18 bar). Ini memastikan bahwa tabung akan berfungsi dengan baik saat diperlukan.

6. Dokumentasi Pengisian Ulang

Catat proses pengisian ulang dalam log pemeliharaan untuk tujuan audit dan pemeliharaan di masa mendatang. Nggak perlu mencatat secara manual dalam kertas, sekarang kamu bisa mendokumentasikan hasil inspeksi dengan aplikasi Firecek.

Firecek adalah Aplikasi Sistem Proteksi Kebakaran No.1 di Indonesia. Aplikasi ini akan memudahkanmu dalam mengelola, merawat, dan mengecek alat pemadam api. Termasuk membuat laporan hasil pengisian ulang tabung APAR.

7. Inspeksi Akhir

Lakukan inspeksi visual terakhir untuk memastikan tabung dalam kondisi baik dan siap digunakan. Jika semua sudah sesuai standar, maka tabung pemadam kebakaran tersebut bisa dipasang kembali di area yang akan diproteksi.

Mau Isi Ulang Tabung Pemadam Kebakaran Garansi 5 Tahun?

Sudah tau kan gimana cara isi ulang tabung pemadam kebakaran yang benar? Ternyata, proses isi ulang APAR cukup kompleks, sehingga penting untuk memilih jasa refill APAR yang berpengalaman dan terpercaya.

Bromindo adalah pilihan tepat buat kamu yang ingin isi ulang tabung pemadam dengan layanan terbaik. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di industri ini, kualitas layanan kami telah diakui oleh ribuan klien yang menggunakan jasa kami.

cara isi ulang tabung pemadam kebakaran gratis training apar

Mengapa memilih layanan kami?

  • Pemeriksaan Komprehensif: Kami tidak hanya mengisi ulang APAR-mu, tetapi juga melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan.
  • Teknisi Bersertifikat: Kami menjamin setiap isi ulang dilakukan oleh teknisi berpengalaman, punya keahlian dan pengetahuan terkini dalam pemeliharaan APAR.
  • Bahan Pemadam Berkualitas: Bahan pemadam api yang kami gunakan berkualitas tinggi untuk memastikan efisiensi maksimal dalam situasi darurat.
  • Garansi Hingga 5 Tahun: Kamu bisa lebih hemat hingga 2x lipat karena kami memberikan garansi hingga 5 tahun. Garansi diberikan jika tekanan APAR-mu turun selama pin safety tidak rusak/hilang.
  • Bisa Semua Media: Kamu punya APAR powder, CO2, atau foam? Tenang, semua bisa kami isi ulang dengan bahan pemadam berkualitas tinggi.
  • Bisa Latihan APAR Gratis: Saat pengosongan media APAR, bisa dimanfaatkan untuk training APAR agar kamu dan tim bisa lebih jago menggunakan alat pemadam api.
  • Dapat APAR Cadangan: Takut aset tidak terlindungi saat APAR sedang diisi ulang? Jangan khawatir, karena kami akan memberikan APAR cadangan untuk proteksi aset-mu.

cara inspeksi APAR dengan aplikasi pengecekan APAR teknologi tinggi

Nah, keuntungan yang tidak kalah penting adalah kamu bisa mendapatkan stiker QR Firecek. Memang untuk apa QR itu? Jadi, stiker QR ini nantinya akan ditempel di tabung APAR-mu setelah diisi ulang.

Kamu bisa men-scan QR code tersebut menggunakan aplikasi Firecek untuk menyimpan data APAR tersebut. Aplikasi Firecek bisa kamu gunakan untuk mengelola, mengecek, dan menginspeksi alat pemadam api secara praktis di genggaman tangan.

Kami mengerti pentingnya waktu dalam keselamatan kebakaran. Oleh karena itu, kami menawarkan layanan yang responsif dan efisien. Hubungi tim Firefix jika ada pertanyaan atau kebutuhan-mu terkait isi ulang tabung pemadam kebakaran.

Recommended Posts

Leave a Comment

0