Cara Menggunakan APAR Powder dengan Teknik PASS

Cara menggunakan APAR powder dengan benar sesuai standar wajib dipahami oleh semua pemilik alat pemadam api ringan. Dengan menggunakan teknik yang tepat, maka fungsi alat pemadam api ini akan lebih optimal. Sebaliknya, teknik penggunaan APAR powder yang salah bisa menggagalkan proses pemadaman api.

Bagian-Bagian APAR Powder dan Fungsinya

cara menggunakan apar powder dengan teknik passSebelum membeli dan menggunakan APAR powder, ada baiknya untuk mengetahui apa saja bagian-bagian alat pemadam api powder serta kegunaannya. Hal ini sangat penting agar nantinya kamu bisa menggunakan APAR powder dengan cara yang benar.

Lalu, apa saja bagian atau komponen dalam tabung APAR powder? Berikut adalah sejumlah komponan tabung APAR powder serta kegunaannya:

  • Pressure Gauge berfungsi untuk mengecek tekanan tabung APAR.
  • Safety Pin berguna sebagai pengunci tuas APAR pada saat tidak digunakan.
  • Handle atau tuas berfungsi membantu valve untuk mengeluarkan isi media pemadam api di dalam tabung APAR.
  • Nozzle adalah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan media APAR agar tepat sasaran pada titik api.
  • Tube atau tabung APAR merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan media pemadam api.
  • Hose atau selang APAR berfungsi untuk menyalurkan media pemadam api di dalam tabung APAR agar dapat keluar menuju ke sumber kebakaran.

Fungsi dan Prinsip Kerja Alat Pemadam Api Powder

cara menggunakan apar powder sesuai standarAlat pemadam api powder adalah jenis APAR yang menggunakan media berupa dry chemical powder kombinasi antara ammonium sulphate dan mono-ammonium phosphate. Jenis APAR media powder bekerja dengan dua cara, yaitu:

  • Starvation : memisahkan atau mengurai bahan bakar dari unsur pembentuk api lainnya (oksigen dan panas).
  • Smothering : menyelimuti atau mengisolasi api supaya tidak mendapatkan pasokan oksigen.

APAR powder sangat serbaguna karena efektif untuk memadamkan semua kelas kebakaran, seperti kelas kebakaran A, B, dan C. Ini artinya, APAR powder dapat digunakan untuk mengatasi kebakaran akibat benda padat, cair, gas, maupun komponen listrik dan elektronik.

Alat pemadam api ini bekerja menggunakan gas nitrogen (N2). Gas N2 bertekanan berada dalam tabung yang sama atau bisa pada tabung tersendiri untuk APAR cartridge. Untuk mengetahui tekanan N2 dalam tabung dapat dilihat pada komponen pressure gauge.

Cara kerja APAR powder dalam memadamkan api yaitu saat tuas APAR ditekan, gas N2 akan keluar dari tabung melalui selang. Lalu, gas N2 yang keluar juga akan membawa media powder keluar tabung untuk memadamkan api.

Cara Menggunakan APAR Powder dengan Benar

cara menggunakan apar powder dengan benarCara pakai APAR powder sesuai standar dilakukan menggunakan teknik PASS (Pull, Aim, Squeeze, dan Sweep). Teknik PASS wajib diterapkan dalam menggunakan APAR jenis apapun, bukan hanya pada APAR powder saja. Lalu, bagaimana cara melakukan teknik PASS? Berikut penjelasannya.

Pull: Tarik safety pin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menarik safety pin. Saat mencabut safety pin yang perlu diperhatikan jangan menekan kedua tuas. Tuas atas dan tuas bawah tidak boleh ditekan secara bersamaan karena hal ini akan menyebabkan safety pin susah dilepas.

Aim: Pegang bagian ujung selang

Saat menggunakan APAR powder, pegang bagian ujung selang APAR dan arahkan ke titik api. Jangan memegang bagian tengah atau pangkal selang. Pasalnya, hal ini akan mengakibatkan media tidak terarah dengan baik. Jika media yang berada di dalam tabung tidak terarah dengan baik, api tidak akan padam dengan sempurna.

Squeeze: Tekan tuas APAR sepenuhnya

Tekanlah tuas APAR bagian atas secara penuh agar seluruh media di dalam APAR dapat keluar secara maksimal. Tuas APAR harus terus ditekan sampai isi media di dalamnya habis atau sampai api telah padam sempurna.

Sweep: sapukan dari satu sisi ke sisi lainya

Untuk memastikan seluruh titik api bisa padam dengan sempurna, lakukan gerakan menyapu. Caranya dengan menyapukan selang apar dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya. Hal ini dilakukan agar proses pemadaman dengan media APAR bisa merata dan kebakaran dapat dipadamkan dengan segera.

Nah, itulah cara menggunakan APAR powder sesuai standar. Kalo Fire Gankz belum memiliki APAR, segera dapatkan APAR Firefix! APAR Firefix telah lulus uji Lab Damkar DKI Jakarta dan bergaransi selama 5 tahun. Yuk, proteksi aset berharga kamu dengan APAR Firefix!

Recommended Posts

Leave a Comment

0