Cara Menggunakan APAR Powder dengan Teknik PASS

Cara menggunakan APAR powder, foam, CO2, dan liquid gas yang benar wajib dipahami oleh semua pengguna alat pemadam api ringan. Dengan menggunakan teknik yang tepat, maka fungsi alat pemadam api ini akan lebih optimal. Lalu, bagaimana cara menggunakan APAR dengan benar?

Inilah Cara Menggunakan APAR Powder, Foam, CO2, dan Liquid Gas Sesuai Standarcara menggunakan APAR powder yang benar

Cara pakai APAR powder, foam, CO2, dan liquid gas harus dilakukan dengan teknik PASS (Pull, Aim, Squeeze, dan Sweep). Prinsip penggunaan APAR dengan teknik PASS wajib diterapkan pada semua jenis APAR, termasuk APAR dry chemical powder. Bagaimana tutorial penggunaan APAR? Cara penggunakan APAR sesuai SOP adalah sebagai berikut.

1. Pull: Tarik Safety Pin

Langkah pertama menggunakan APAR adalah menarik safety pin. Saat mencabut safety pin yang perlu diperhatikan jangan menekan kedua tuas. Tuas atas dan tuas bawah tidak boleh ditekan secara bersamaan karena hal ini akan menyebabkan safety pin susah dilepas.

2. Aim: Arahkan Nozzle ke Titik Api

Cara menggunakan APAR powder selanjutnya adalah pegang ujung selang APAR dan arahkan ke titik api. Jangan memegang bagian tengah atau pangkal selang. Hal ini akan mengakibatkan media tidak terarah dengan baik. Akibatnya, api tidak bisa padam dengan sempurna.

3. Squeeze: Tekan Tuas APAR Sepenuhnya

Cara penggunaan APAR berikutnya yaitu Squeeze atau tekan tuas APAR. Tekanlah tuas APAR bagian atas secara penuh agar seluruh media pemadam api di dalam APAR dapat keluar secara maksimal. Tuas APAR harus terus ditekan sampai isi media APAR di dalamnya habis atau sampai api telah padam sempurna.

4. Sweep: Sapukan Media APAR Agar Merata

Untuk memastikan seluruh titik api bisa padam dengan sempurna, lakukan gerakan menyapu. Lakukan cara penggunaaan APAR PASS dengan menyapukan nozzle dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya. Hal ini dilakukan agar proses pemadaman api dengan media APAR bisa merata dan kebakaran dapat dipadamkan dengan segera.

Jarak Penyemprotan APAR dari Titik Api yang Aman dan Efektif

cara menggunakan APAR powder dari jarak yang tepatCara menggunakan APAR powder, foam, CO2, dan liquid gas dengan teknik PASS harus dilakukan pada jarak yang tepat. Tujuannya adalah agar proses pemadaman api berjalan efektif dan keselamatan pengguna juga terjag. Lalu, berapa jarak penyemprotan APAR?

Tabung APAR mengandung gas Nitrogen (N2) dengan tekanan 13-18 bar yang mampu mendorong media pemadam api hingga 12 meter. Namun, cara menggunakan APAR powder, foam, CO2, dan liquid gas yang paling aman dan efektif dilakukan pada jarak 3 – 5 meter dari titik api.

Kenapa penyemprotan APAR harus dilakukan pada jarak 3 – 5 meter? Pada jarak tersebut, partikel media APAR yang keluar dari tabung masih dalam kondisi padat ketika sampai di titik api. Hal ini membuat proses pemadaman kebakaran berjalan efektif.

Bagaimana jika jarak semprot APAR kurang dari 3 – 5 meter? Jika jaraknya terlalu dekat, dikhawatirkan media APAR akan mendorong titik api, sehingga titik apinya semakin luas. APAR berisi gas Nitrogen (N2) bertekanan 13-18 bar yang bisa mendorong sumber api. Hal ini bisa membahayakan pengguna, karena berisiko terkena panas dan jilatan api. 

Lalu, bagaimana jika jarak penyemprotan APAR lebih dari 5 meter? Jika cara menggunakan APAR powder dilakukan pada jarak lebih dari 5 meter, hal yang terjadi adalah partikel media pemadam api akan menyebar, baik terbawa angin atau jatuh ke tanah. Akibatnya, titik api tidak dapat dipadamkan secara maksimal.

3 Kesalahan Menggunakan APAR yang Harus Dihindari

cara menggunakan APAR powder sesuai standarTidak dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang sering melakukan kesalahan penggunaan APAR. Beberapa kesalahan dalam cara menggunakan APAR powder, foam, CO2, dan liquid gas bisa memperlambat proses pemadaman api. Bahkan, proses pemadaman api bisa gagal, sehingga api semakin membesar.

Lalu, apa saja kesalahan dalam menggunakan APAR? Berikut ini adalah 5 kesalahan dalam cara menggunakan APAR powder, foam, CO2, dan liquid gas yang harus Anda hindari:

  1. Membawa tabung APAR dengan cara dijinjing. Jika tabung APAR yang dibawa berukuran besar, cara membawa APAR yang tepat adalah dipanggul.
  2. Menarik pin safety sambil menekan tuas atau pegangan APAR. Hal ini menyebabkan pin pengaman sulit dilepaskan.
  3. Memegang hose atau selang APAR di bagian tengah. Cara memegang selang APAR yang benar adalah di bagian ujung agar media pemadam api bisa terarah dengan baik ke titik api.

Nah, itu dia penjelasan cara menggunakan APAR powder, foam, CO2, dan liquid gas sesuai standar. Jika Fire Gankz belum punya APAR, segera miliki APAR Firefix untuk proteksi aset berharga! APAR Firefix teruji Lab Damkar DKI Jakarta dan bergaransi 5 tahun. Yuk, proteksi aset berharga Anda dengan APAR Firefix sekarang!

Recommended Posts

Leave a Comment

0