Cara Menggunakan APAR Powder dengan Teknik PASS

APAR merupakan alat pemadaman yang bisa dibawa dan dioperasikan oleh satu orang tanpa perlu bantuan orang lain. Terdapat berbagai jenis APAR salah satunya APAR powder atau dry chemical powder. 

APAR powder merupakan jenis APAR yang serbaguna karena efektif jika digunakan untuk memadamkan kebakaran pada semua kelas kebakaran seperti kelas kebakaran A, B dan C. Cara menggunakan APAR powder pada dasarnya sama dengan cara menggunakan APAR jenis lainnya.

Artikel kali ini akan membahas cara menggunakan APAR powder. Tetapi sebelum membahas mengenai cara menggunakan APAR powder akan lebih baik jika fire gankz mengetahui prinsip kerja dari APAR powder terlebih dahulu.

Prinsi Cara Kerja Alat Pemadam Api Powder

Berikut ini merupakan prinsip kerja APAR powder:

  1. APAR jenis powder sistem kerjanya memakai gas N2. Gas N2 bertekanan berada dalam tabung yang sama atau bisa pada tabung tersendiri untuk APAR cartridge. Untuk mengetahui tekanan N2 dalam tabung dapat dilihat pada komponen pressure gauge.
  2. Sedangkakn untuk cara kerjanya memadamkan api yaitu saat tuas APAR ditekan, gas N2 akan keluar dari tabung melalui selang. Lalu, gas N2 yang keluar juga akan membawa powder keluar tabung untuk memadamkan api.

Cara Menggunakan APAR Powder dan Cara Kerja APAR Powder Stored Pressure

Setelah mengetahui prinsip kerja dari APAR powder, barulah fire gankz bisa mempelajari cara pakai APAR.

Ikuti Langkah Cara Menggunakan APAR Powder di Bawah Ini!

Dalam menggunakan APAR baik powder atau jenis apapun, fire gankz harus mengingat PASS (Pull, Aim, Squeeze dan Sweep) seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

Cara Menggunakan APAR Powder

  • Pull: tarik safety pin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menarik safety pin. Saat mencabut safety pin yang perlu diperhatikan jangan menekan kedua tuas. Tuas atas dan tuas bawah tidak boleh ditekan secara bersamaan karena hal ini akan membuat safety pin atau susah dilepas.

  • Aim: pegang bagian ujung selang

Peganglah bagian ujung selang APAR dan arahkan ke titik api. Jangan sekali kali fire gankz memegang bagian tengah atau pangkal selang. Karena hal ini akan mengakibatkan media tidak terarah dengan baik. Jika media yang berada di dalam tabung tidak terarah dengan baik, api tidak akan padam dengan sempurna.

  • Squeeze: tekan tuas APAR sepenuhnya

Tekanlah tuas APAR bagian atas secara penuh agar seluruh media di dalam APAR dapat keluar secara maksimal sehingga api akan segera padam. 

  • Sweep: sapukan dari satu sisi ke sisi lainya

Hal ini dilakukan agar pemadaman dengan media merata dan kebakaran dapat dipadamkan dengan segera.

Nah itulah cara menggunakan APAR powder. Kalo fire gankz belum memiliki APAR, segera dapatkan APAR Firefix! APAR Firefix telah lulus uji Lab Damkar dan juga digaransi selama 5 tahun dan promo gratis aplikasi cek APAR gratis, dapatkan di sini!

Recommended Posts

Leave a Comment

0