Pernah denger soal APAR? Yups, itu loh, Alat Pemadam Api Ringan. Tapi, pernah gak sih, kamu penasaran tentang apa aja sih yang perlu diperiksa di APAR itu? Nah, di sini kita bakal ngobrol santai tentang ceklist APAR dan mengapa hal ini penting banget.

Apa Sih Ceklist APAR Itu?

Ceklist APAR manual

Jadi, checklist APAR itu semacam daftar periksa yang harus dilakukan secara rutin untuk memastikan APAR kita siap pakai kapan saja. Mirip kayak kita cek kondisi motor atau mobil sebelum dipakai, APAR juga butuh perhatian serupa, loh!

Kalau kita ngomongin isi dari checklist APAR, ada beberapa poin penting nih yang perlu kita cek:

  • Label & Instruksi: Cek dulu, apakah label di APAR masih keliatan jelas? Apakah instruksi pemakaiannya masih bisa dibaca? Ini penting banget, loh, buat memastikan kita gak bingung waktu butuh pakai APAR.
  • Kondisi Fisik: Kayak cek kondisi motor atau mobil, cek juga dong, apakah tabung APAR ada yang penyok, karatan, atau bocor. Kita gak mau kan, di saat genting, APAR kita malah gak bisa dipakai.
  • Manometer: Ini loh, yang bentuknya mirip jam tangan di APAR. Manometer ini penting buat nunjukin tekanan di dalam tabung. Pastikan jarumnya ada di zona hijau, ya.
  • Pin Pengaman: Jangan lupa cek pin pengamannya juga. Ini penting untuk memastikan APAR gak tiba-tiba aktif sendiri.
  • Nozzle & Selang: Ini yang buat nyemprotin media pemadam. Pastikan gak ada yang tersumbat atau rusak.
  • Tanggal Servis: APAR juga butuh spa, loh! Cek kapan terakhir dia diservis biar tetap dalam kondisi prima.

Nah, sekarang kita udah tau isi dari checklist APAR, tapi kenapa sih ini penting? Ceklist APAR ini penting banget buat:

  • Memastikan APAR kita selalu siap pakai.
  • Menjaga keamanan di tempat kerja atau di rumah.
  • Mencegah kerusakan lebih parah karena kebakaran.

Contoh Ceklist APAR Digital Menggunakan Aplikasi Firecek

Ceklist APAR Digital di Aplikasi Firecek

Sebagai salah satu Aplikasi Sistem Proteksi Kebakaran No.1 Di Indonesia, Firecek telah memberikan segala kemudahan pagi pengguna APAR. Hanya dengan satu aplikasi, semua masalah dalam manajemen APAR Anda dapat dengan mudah teratasi.

Terdapat berbagai macam manfaat dan fitur yang dimiliki oleh aplikasi ceklist APAR berbasis Web dan Apps ini. Berikut merupakan beberapa keuntungan dan fitur yang akan Anda rasakan ketika melakukan checklist pemeliharaan APAR secara digital.

1. Monitoring Status APAR Secara Real-Time

Gak perlu lagi deh, bolak-balik cek fisik APAR satu per satu. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan kita untuk memonitor status APAR secara real-time. Jadi, kita bisa tahu kondisi terkini APAR hanya dengan beberapa sentuhan di layar smartphone.

2. Reminder untuk Jadwal Pemeriksaan dan Servis

Sering lupa kapan terakhir kali APAR diservis? Tenang, aplikasi ini punya fitur reminder yang akan memberitahu kita kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan atau servis APAR. Dengan begitu, kita gak akan melewatkan jadwal penting tersebut.

3. Laporan Digital yang Tercatat Otomatis

Setiap kali melakukan pemeriksaan, aplikasi ini akan mencatatnya secara otomatis dalam bentuk laporan digital. Ini memudahkan kita dalam melacak riwayat pemeriksaan dan kondisi APAR tanpa harus repot mengurus berkas-berkas kertas.

4. Fitur Scan QR Code

Aplikasi ceklist APAR digital ini juga dilengkapi dengan fitur scan QR code. Fitur ini memungkinkan kita untuk cepat mengidentifikasi APAR hanya dengan memindai kode yang tertera pada tabung APAR.

5. Manajemen Mudah Bersama Tim

Dalam sebuah lingkungan kerja, aplikasi ini biasanya mendukung akses multi-user. Artinya, lebih dari satu orang bisa melakukan pemeriksaan dan memantau kondisi APAR. Ini meningkatkan tanggung jawab bersama dalam menjaga keselamatan.

6. Manajemen APAR untuk Banyak Cabang

Bagi Anda yang memiliki banyak cabang usaha, tidak perlu khawatir. Firecek terdapat fitur untuk memantau dan mengelola APAR di banyak cabang di satu aplikasi. Dengan seperti itu, akan lebih menghemat tenaga, waktu, dan juga efisien.

Jika metode lama, Anda harus mencatat secara manual pada kartu APAR yang biasanya digantungkan pada tabung. Bayangkan jika Anda memiliki banyak APAR dalam satu perusahaan, pasti akan sangat ribet mencatat satu persatu. Contoh ceklist APAR digital merupakan solusi yang tepat untuk Anda.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal buka saja aplikasi Firecek dan isi kolom-kolom yang tersedia. Bahkan, Anda bisa mengisinya kapan saja dan dimana saja. Simak video dibawah ini tentang cara inspeksi APAR di aplikasi Firecek.

Kelebihan Lain dari Contoh Ceklist APAR Digital Apa Saja?

Data APAR biasanya dibuat seperti kartu yang digantungkan pada tabung APAR. Hal tersebut tentu akan berpotensi besar cepat rusak maupun hilang. Padahal data informasi APAR ini sangat penting, lho! Nah, jika Anda menyimpan data informasi APAR di aplikasi Firecek tentu akan lebih aman. Berikut merupakan keunggulan dari metode ceklist APAR digital:

  • Data dan informasi APAR lebih aman. Jadi, tidak akan terjadi kerusakan atau bahkan kehilangan kartu APAR.
  • Terkesan lebih ringkas. Jika Anda ingin melakukan inspeksi maupun monitoring APAR tentu akan lebih mudah, karena Anda bisa mencarinya dengan cepat tanpa harus mengecek APAR satu-persatu.
  • Tabung APAR terlihat bersih. Anda tidak membutuhkan kartu ceklist lagi, sehingga APAR menjadi lebih ringkas dan bersih.

Nah, jika Anda menyimpan data APAR milik Anda ke dalam aplikasi ini, maka history APAR akan tersimpan dengan aman. Tak perlu khawatir lagi kehilangan kartu APAR dan Anda bisa cek informasi APAR dimana dan kapan saja.

Ceklist APAR Digital di Aplikasi Firecek

Kapan Harus Melakukan Pemeliharaan APAR?

Disarankan kepada para pengguna APAR untuk melakukan perawatan secara rutin, setidaknya 3-6 bulan sekali. Meskipun ada juga yang melakukan contoh ceklist APAR digital satu kali dalam setahun. Namun, semakin rutin melakukan perawatan juga akan semakin baik.

Hal ini bertujuan untuk memeriksa kondisi APAR terupdate, apakah APAR tersebut masih layak dan aman digunakan atau tidak. Jadi, Anda bisa mengetahui APAR yang tidak aman digunakan dan bisa melakukan maintenance, seperti pengisian ulang media APAR, penggantian komponen, atau bahkan penggantian dengan APAR yang baru.

Ingin Isi Ulang/Refill APAR Anda?
> Refill APAR Semua Media di Semarang dan Sekitarnya
> Isi Ulang Media APAR Surabaya dan Sekitarnya
> Jasa Isi Ulang/Refill APAR Jakarta dan Sekitarnya

Anda bisa mengunduh aplikasi ceklist APAR digital terbaik ini secara gratis melalui Google Play Store maupun Apple Store. Kelola banyak APAR menjadi lebih mudah menggunakan aplikasi APAR Firecek!

Itulah pembahasan tentang contoh ceklist APAR digital di aplikasi Firecek. Semoga informasi ini dapat memberikan Anda referensi agara perawatan APAR bisa dilakukan secara mudah. Jika Anda membutuhkan APAR atau alat pemadam api lainya, bisa hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga menarik.

Recommended Posts

Leave a Comment

0