Fungsi APAR atau alat pemadam api ringan adalah suatu alat yang digunakan untuk memadamkan api serta mengendalikan kebakaran kecil. APAR pada umumnya berbentuk tabung yang di dalamnya diisi dengan bahan atau media pemadam api dengan gas bertekanan tinggi. 

APAR merupakan fire protection yang berfungsi memadamkan api atau mengendalikan kebakaran dalam skala kecil yang umumnya terjadi pada situasi darurat.  APAR atau alat pemadam api ringan tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran besar atau kebakaran yang sudah tidak terkontrol.

Fungsi APAR Bermacam-macam Media

APAR memiliki fungsi yang sangat penting dalam menghadapi kebakaran yang sewaktu-waktu bisa datang. Berikut ini adalah jenis-jenis APAR atau alat pemadam api ringan lengkap beserta fungsinya.

  • APAR jenis serbuk kimia atau dry chemical powder

APAR jenis serbuk kimia atau dry chemical powder berfungsi untuk menghalangi oksigen masuk pada segitiga api. Dry chemical powder berasal dari kombinasi fosfat Mono-amonium dan ammonium sulphate.

Dry chemical powder memiliki titik lebur yang rendah dan bisa membentuk penghalang, sehingga oksigen tidak dapat masuk ke titik api.  Karena api tidak akan menyala jika tidak ada oksigen, sehingga saat disemprot APAR powder otomatis api akan padam.   

  • APAR jenis CO2 atau karbon dioksida

APAR jenis CO2 atau karbon dioksida berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengisolasinya. Karena CO2 memiliki masa yang lebih berat dari pada oksigen. Selain itu, CO2 juga memiliki suhu yang cukup dingin sehingga bisa dapat memadamkan api dengan cara mendinginkan sumber panas pada titik api. 

APAR atau alat pemadam api ringan jenis karbon dioksida sangat tepat jika digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas B atau kelas C.  APAR jenis ini tidak dapat digunakan pada ruang tertutup, karena CO2 dapat mengganggu pernafasan jika digunakan pada ruangan tertutup.

Fungsi APAR Semua Media Pemadam Api

  • APAR jenis Foam AFFF atau Aqueous Film Forming Foam 

Foam AFFF atau aqueous film forming foam yang keluar dari tabung berfungsi untuk menyelimuti bahan yang terbakar. Sehingga api dapat padam karena oksigen tidak bisa masuk. Kamu pasti sudah tahu bahwa api membutuhkan oksigen sebagai perantara agar bisa menyala. Jadi, jika APAR jenis foam AFFF ini menghalangi oksigen untuk masuk, secara otomatis api akan padam.

  • APAR jenis Hydrochlorofluorocarbon (HCFC)

APAR jenis HCFC menggunakan media Hydrochlorofluorocarbon yang berfungsi untuk memadamkan api. HCFC adalah media pemadam api clean agent yang tidak meninggalkan residu.

Hydrochlorofluorocarbon atau HCFC juga bersifat non-konduktor atau tidak menghantarkan listrik. Sehingga tidak akan menimbulkan dampak buruk seperti merusak barang-barang elektronik dan modern lainnya.

4 Manfaat Utama Menggunakan APAR

Secara garis besar fungsi APAR adalah sebagai berikut:

Fungsi APAR di Tiap Kelas Kebakaran

  • APAR jenis serbuk kimia atau dry chemical powder berfungsi untuk mengatasi kebakaran kelas A, B dan C.
  • APAR jenis CO2 atau karbon dioksida paling tepat untuk mengatasi kebakaran ringan kelas B dan C.
  • APAR jenis foam AFFF berfungsi untuk mengatasi kebakaran kelas A dan B.
  • Dan yang terakhir APAR jenis Hydrochlorofluorocarbon (HCFC) bisa mengatasi kebakaran kelas B dan C.

Itulah fungsi dari APAR yang harus kamu ketahui. Setelah kamu mengetahui pentingnya fungsi dari APAR jadi tidak ragu lagi bukan untuk membeli dan memiliki APAR? Kalo belum punya yuk cek daftar harga APAR Firefix di bawah ini, harganya terjangkau kualitasnya oke!

  • Daftar harga APAR powder Firefix
ITEM HARGA
Firefix ABC Powder 1 KG Rp180.000,00
Firefix ABC Powder 2 KG Rp238.000,00
Firefix ABC Powder 3 KG Rp298.000,00
Firefix ABC Powder 3.5 KG Rp337.500,00
Firefix ABC Powder 4 KG Rp351.000,00
Firefix ABC Powder 4.5 KG Rp384.000,00
Firefix ABC Powder 5 KG Rp398.000,00
Firefix ABC Powder 6 KG Rp463.000,00
Firefix ABC Powder 9 KG Rp596.000,00
  • Daftar harga APAR CO2 Firefix
ITEM HARGA
Firefix CO2 3 KG Rp838.000,00
Firefix CO2 5 KG Rp1.104.000,00
Firefix CO2 6.8 KG Rp1.401.000,00

Keunggulan APAR Firefix:

  • Tersertifikasi Lab Damkar Jakarta dengan nomor sertifikat: LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020
  • Terintegrasi Firecek
  • Bergaransi 5 tahun
  • Harga terjangkau

Ayo segera dapatkan APAR Firefix-mu di sini!

Recommended Posts

Leave a Comment

0