Fungsi APAR atau alat pemadam api ringan adalah untuk memadamkan serta mengendalikan kebakaran kecil. Fire protection ini digunakan untuk memadamkan api pada saat awal api baru terbentuk. Dengan kata lain, alat pemadam api ini tidak dirancang untuk mengendalikan kebakaran besar yang sudah sulit untuk dikontrol.

APAR berbentuk tabung yang di dalamnya berisi bahan atau media pemadam api dengan gas bertekanan tinggi. Ada beberapa jenis-jenis APAR berdasarkan media yang digunakan. Fungsi jenis-jenis APAR tersebut berbeda satu sama lain. Apa saja fungsi jenis-jenis APAR? Yuk, cek penjelasannya di bawah ini!

Fungsi Jenis APAR Berdasarkan Media yang Digunakan

fungsi apar berdasarkan jenis media yang digunakanSecara umum, fungsi APAR adalah untuk memadamkan api atau kebakaran skala kecil. Alat pemadam api terdiri dari beberapa jenis berdasarkan media pemadam api yang digunakan. Jenis APAR ada berapa? Ada 4 jenis APAR yang umum digunakan di Indonesia, yaitu APAR CO2, powder, liquid gas, dan foam.

Apa saja fungsi dari APAR? Berikut penjelasan mengenai fungsi jenis-jenis APAR berdasarkan isi media pemadam api yang digunakan.

1. Fungsi Jenis APAR Powder

fungsi APAR dry chemical powderFungsi jenis APAR serbuk kimia atau dry chemical powder adalah untuk menghalangi oksigen masuk pada segitiga api. Dry chemical powder berasal dari kombinasi mono-amonium phosphat dan ammonium sulphate.

Media dry chemical powder memiliki titik lebur yang rendah dan bisa membentuk penghalang, sehingga oksigen tidak dapat masuk ke titik api.  Karena api tidak akan menyala jika tidak ada oksigen, sehingga saat disemprot APAR powder, otomatis api akan padam.   

2. Fungsi Jenis APAR CO2

fungsi apar co2APAR media CO2 atau karbon dioksida berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengisolasinya. Karena CO2 memiliki masa yang lebih berat dari pada oksigen. Selain itu, CO2 juga memiliki suhu yang cukup dingin sehingga bisa dapat memadamkan api dengan cara mendinginkan sumber panas pada titik api. 

Fungsi jenis APAR karbon dioksida sangat tepat jika digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas B atau kelas C.  Jenis APAR ini tidak dapat digunakan pada ruang tertutup, karena CO2 dapat mengganggu pernafasan jika digunakan pada ruangan tertutup.

3. Fungsi Jenis APAR Foam

fungsi apar foamCara kerja jenis APAR media foam AFFF atau aqueous film forming foam yang keluar dari tabung adalah menyelimuti bahan yang terbakar, sehingga api dapat padam karena oksigen tidak bisa masuk. Dengan adanya media foam yang menghalangi oksigen untuk masuk, maka secara otomatis api akan padam.

4. Fungsi Jenis APAR Liquid Gas

fungsi apar liquid gasSalah satu jenis liquid gas yang umum untuk memadamkan api adalah HCFC atau Hydrochlorofluorocarbon. HCFC adalah jenis media pemadam api clean agent yang tidak meninggalkan residu.

Media APAR ini bersifat non-konduktor atau tidak menghantarkan listrik, sehingga tidak akan menimbulkan dampak buruk seperti merusak barang-barang elektronik. Fungsi APAR liquid gas sangat cocok untuk memproteksi ruang yang sensitif, seperti ruang server, ruang komputer, ruang arsip, dan ruang panel listrik.

Fungsi Jenis APAR Berdasarkan Klasifikasi Kelas Kebakaran

fungsi APAR dan kelas kebakaran yang diproteksiSecara umum, fungsi APAR adalah untuk memadamkan api atau kebakaran skala kecil. Namun, masing-masing jenis APAR memiliki fungsi khusus dalam memadamkan api berdasarkan kelas kebakaran yang diproteksi. Lalu, apa saja kelas kebakaran dan jenis-jenis APAR yang tepat untuk memproteksinya? Ini penjelasannya.

  • Kelas Kebakaran A
    Kebakaran yang diklasifikasikan dalam kelas A merupakan kebakaran yang disebabkan oleh benda padat non logam mudah terbakar. Contoh penyebab kebakaran kelas A adalah kayu, kertas, plastik, karet, dll. Jenis kebakaran bisa bisa diatasi dengan jenis APAR powder dan foam.
  • Kelas Kebakaran B
    Klasifikasi kebakaran kelas B adalah jenis-jenis kebakaran yang diakibatkan oleh material gas atau benda cair mudah terbakar. Material yang bisa menjadi penyebab kebakaran kelas B adalah bensin, alkohol, minyak, solar, thinner, gas LPG, dan sejenisnya. Kelas kebakaran ini bisa diproteksi dengan fungsi jenis APAR CO2 dan powder.
  • Kelas Kebakaran C
    Kebakaran kelas C adalalah kebakaran yang penyebabnya berupa masalah instalasi listrik bertegangan atau malfungsi alat elektronik. Contohnya adalah korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik. Jenis APAR kelas C adalah CO2, powder, dan liquid gas.
  • Kelas Kebakaran D
    Kelas kebakaran D adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan logam mudah terbakar. Material yang bisa menyebabkan kebakaran kelas D adalah lithium, magnesium, potassium, dll. Kebakaran jenis ini membutuhkan fungsi jenis APAR dengan media khusus sesuai material yang terbakar.

Gunakan Jenis APAR Berkualitas untuk Proteksi Lebih Optimal

fungsi apar dan jenis-jenisnyaFungsi semua jenis-jenis APAR ternyata sangat penting karena bisa memproteksi dari kebakaran. Setelah mengetahui pentingnya fungsi jenis-jenis APAR, kamu tentu tidak ragu lagi untuk membeli dan memiliki APAR bukankan? Jika belum memiliki APAR, sebaiknya segera sediakan sejak sekarang agar aset berharga kamu bisa terlindungi.

Sebelum membeli APAR, kamu harus memastikan bahwa alat pemadam api tersebut berkualitas dan sesuai standar. Tidak perlu bingung memilih fungsi jenis-jenis APAR terbaik, pilih saja APAR Firefix. Firefix telah lolos pengujian dan mendapatkan sertifikasi dari Damkar DKI Jakarta dengan nomor LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020.

Lalu, berapa harga APAR Firefix? Harga jenis-jenis APAR Firefix berbeda tergantung dari ukuran dan jenis medianya. Berikut adalah beberapa daftar harga jenis-jenis APAR Firefix yang terjangkau dan kualitasnya sangat terjamin.

ITEM HARGA
APAR ABC Powder 1 KG Firefix Rp180.000,00
APAR ABC Powder 2 KG Firefix Rp238.000,00
APAR ABC Powder 3 KG Firefix Rp298.000,00
APAR ABC Powder 3.5 KG Firefix Rp337.500,00
APAR ABC Powder 4 KG Firefix Rp351.000,00
APAR ABC Powder 4.5 KG Firefix Rp384.000,00
APAR ABC Powder 5 KG Firefix Rp398.000,00
APAR ABC Powder 6 KG Firefix Rp463.000,00
APAR ABC Powder 9 KG Firefix Rp596.000,00

Ayo segera dapatkan APAR Firefix-mu di sini! Setiap pembelian APAR Firefix, APAR milikmu akan mendapatkan garansi hingga 5 tahun. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan QR code yang dapat terintegrasi dengan smartphone menggunakan aplikasi Firecek. Yuk, lindungi aset berharga milikmu dengan APAR Firefix!

Recommended Posts

Leave a Comment

0