Ketika ada bencana kebakaran, setiap detik sangat berharga. Untuk itu, kebakaran harus ditangani secepatnya. Salah satu langkah untuk mempercepat pemadaman kebakaran adalah dengan menyediakan hydrant box. Memang apa fungsi hydrant box?

Hydrant box adalah komponen penting yang melengkapi instalasi fire hydrant. Komponen berbentuk box ini digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan pemadam kebakaran. Biar lebih jelas, simak penjelasan lengkapnya berikut.

Apa Itu Hydrant Box?

fungsi hydrant box standar NFPA

Hydrant box pada instalasi fire hydrant adalah kotak atau kabinet yang digunakan untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran. Fungsi hydrant box yaitu memberikan akses yang cepat dan mudah ke peralatan pemadam kebakaran saat situasi darurat.

Pada umumnya, hydrant box memiliki warna mencolok, seperti merah. Tujuannya supaya alat ini mudah dikenali dan dilihat oleh petugas. Hal ini akan mempercepat petugas untuk menemukan peralatan pemadam, sehingga kebakaran lebih cepat diatasi.

Ada dua jenis hydrant box yang dipasang pada sebuah bangunan, yaitu hydrant box indoor dan hydrant box outdoor. Biasanya, hydrant box indoor terpasang di dinding pada lokasi yang strategis di sekitar bangunan.

Sementara itu, hydrant box outdoor diletakkan di luar ruangan. Biasanya, posisi hydrant box outdoor berdekatan dengan hydrant pillar. Ini berguna untuk mempercepat akses peralatan pemadam kebakaran oleh petugas dan bisa langsung memasangnya ke hydrant pillar.

Manfaat dan Fungsi Hydrant Box Pada Instalasi Fire Hydrant

Hydrant box memiliki fungsi dan manfaat yang penting dalam instalasi fire hydrant. Bahkan, instalasi fire hydrant belum lengkap jika tidak ada hydrant. Fungsi dan manfaat hydrant box adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah Akses ke Peralatan Pemadam

fungsi hydrant box untuk menyimpan fire hydrant equipment

Hydrant box dirancang untuk menyediakan akses yang cepat ke alat-alat pemadam kebakaran. Pada situasi darurat, hydrant box memungkinkan petugas pemadam untuk segera mengambil tindakan tanpa perlu waktu yang berlebihan untuk menyiapkan peralatan.

2. Mempercepat Upaya Pemadaman

Ketika semua peralatan pemadam kebakaran disimpan pada satu tempat, yaitu di hydrant box, maka petugas tidak perlu bingung mencari kesana-kesini. Cukup dengan membuka hydrant box saja, semua peralatan yang dibutuhkan bisa langsung diambil.

Fungsi hydrant box ini sangat penting untuk mempercepat upaya pemadaman kebakaran. Saat terjadi kebakaran, petugas bisa langsung menuju ke hydrant box untuk mengambil peralatan dan memasangnya ke hydrant pillar atau hydrant valve.

3. Menjaga Peralatan Tetap Terlindungi

Selain mempermudah akses bagi petugas, fungsi hydrant box juga penting untuk melindungi peralatan dari debu, kotoran, maupun cuaca ekstrem. Terutama untuk hydrant box outdoor yang disimpan di luar ruangan yang pastinya terkena cuaca setiap hari.

Jika semua peralatan terlindungi dari berbagai kemungkinan kerusakan, maka alat-alat tersebut akan selalu dalam kondisi baik. Peralatan pemadam kebakaran akan selalu siap digunakan kapan saja saat diperlukan.

4. Menyediakan Sumber Air Darurat

fungsi hydrant box pemadam kebakaran standar NFPA

Fungsi hydrant box berikutnya adalah untuk menyediakan sumber air yang siap digunakan dalam situasi kebakaran. Ini berlaku untuk hydrant box indoor yang di dalamnya terdapat hydrant valve sebagai komponen output pasokan air di dalam gedung.

Melalui hydrant box indoor ini, petugas pemadam bisa langsung menghubungkan fire hose ke hydrant valve untuk mengalirkan air ke titik kebakaran. Ini memungkinkan pemadaman kebakaran berlangsung secara cepat dan efisien.

5. Melindungi Nyawa dan Aset Berharga

Keberadaan hydrant box juga turut serta dalam memberikan perlindungan terhadap aset dan nyawa. Pada situasi darurat, fungsi hydrant box akan membantu upaya pemadaman kebakaran berjalan efektif dan efisien.

Ketika petugas bisa memadamkan api dengan cepat, artinya semakin banyak nyawa dan aset yang terselamatkan dari bahaya kebakaran. Hydrant box emmbantu melindungi bangunna, peralatan, dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Hydrant Box dan Fungsinya

Apa Saja Isi Hydrant Box dan Fungsinya?

Fungsi hydrant box adalah untuk menyimpan berbagai alat yang dibutuhkan untuk memadamkan kebakaran. Lalu, apa saja isi hydrant box tersebut? Berikut adalah isi hydrant box dan fungsinya yang sangat penting:

1. Selang/Fire Hose

fungsi hydrant box untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran

Fire hose atau selang pemadam kebakaran adalah alat yang digunakan untuk mengalirkan air dari hydrant ke sumber kebakaran. Gulungan selang tersimpan dalam hydrant box agar siap digunakan dengan cepat saat darurat.

Selang pemadam kebakaran dibuat dari bahan yang tahan terhadap panas dan tekanan tinggi. Sebab, alat ini harus mampu mengalirkan pasokan air dari jaringan hydrant yang memiliki tekanan tinggi. Beberapa jenis selang pemadam antara lain:

  • EPDM Hose
  • Canvas Hose
  • Red Rubber Hose

Baca juga: Cara Menggulung Selang Hydrant Biar Nggak Kusut & Bocor

2. Nozzle

Nozzle adalah komponen yang dipasang pada ujung selang pemadam kebakaran. Fungsi nozzle pada hydrant box yaitu untuk mengontrol aliran air. Dengan mengubah pengaturan nozzle, petugas Damkar bisa mengatur aliran air yang disemprotkan ke titik kebakaran.

Baik itu berupa semprotan lebar ataupun jet air kencang. Tipe aliran air dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemadaman kebakaran dan situasi yang dihadapi oleh tim Damkar. Jenis nozzle hydrant antara lain:

  • Jet nozzle
  • Spray nozzle

3. Hose Rack

fungsi hydrant box asli standar internasional

Beberapa hydrant box outdoor juga dilengkapi dengan hose rack. Fungsi hose rack pada hydrant box adalah sebagai tempat penyimpanan yang aman dan terorganisir untuk selang pemadam kebakaran.

Untuk mencegah kemungkinan kerusakan, selang harus disimpan dengan cara dililit atau digantung pada hose rack. Langkah ini juga akan memastikan bahwa selang selalu siap digunakan dalam situasi darurat.

Menyimpan selang di hose rack juga membantu menjaga selang selalu dalam kondisi baik. Hal ini akan mencegah selang dari peregangan, keretakan, atau degradasi yang mungkin terjadi jika selang tidak disimpan dengan benar.

4. Kunci Hydrant

Kunci hydrant adalah alat yang digunakan untuk membuka dan menutup katup hydrant pillar. Keberadaannya di hydrant box sangat penting, agar petugas bisa mengambilnya dengan cepat saat kondisi darurat dan harus mengaktifkan aliran hydrant pillar.

Biar Lebih Aman, Pakai Hydrant Box Standar NFPA & Berlisensi UL/FM!

Sudah paham apa manfaat dan fungsi hydrant box, kan? Ternyata, alat ini memang punya peran yang sangat penting pada instalasi fire hydrant. Oleh karena itu, pastikan Fire Gankz menggunakan hydrant box yang berkualitas.

Memilih peralatan pemadam kebakaran tidak boleh sembarangan. Kamu harus memastikan produk tersebut sudah teruji dan sesuai standar. Termasuk dalam memilih hydrant box untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran.

fungsi hydrant box standar NFPA dan berlisensi UL FM

Fire Gankz harus memilih produk hydrant box yang sudah teruji kualitasnya. Seperti Hydrant Box Firefix yang sudah sesuai standar NFPA dan bersertifikat UL/FM. Pilihan hydrant Box Firefix juga banyak, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan:

  • Hydrant Box Indoor Type A1 Firefix
  • Hydrant Box Indoor Type A2 Firefix
  • Hydrant Box Indoor Type B Firefix
  • Hydrant Box Outdoor Type C Firefix

Fungsi hydrant box Firefix dirancang dengan finishing top coat powder red signal. Ini membuatnya memiliki daya tahan yang luar biasa. Mampu menahan paparan kondisi lingkungan, termasuk radiasi UV, korosi, kelembaban, dll.

Jadi, tidak masalah jika hydrant box Firefix diletakkan di luar ruangan yang terpapar cuaca. Tetap aman tanpa terkelupas, warnanya pudar, berkarat, atau masalah lainnya. Ini akan membuat peralatan di dalamnya tetap awet dan terlindungi.

Nah, biar fungsi hydrant box di tempatmu tambah optimal, pastikan Fire Gankz pilih hydrant box Firefix ya! Mau konsultasi atau tanya-tanya dulu soal kebutuhan hydrant box-mu? Yuk, hubungi kontak kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

0