Tau nggak sih, APAR itu ternyata ada banyak jenisnya, loh! Jenis-jenis APAR ini dibedakan berdasarkan isi tabung pemadam kebakaran tersebut. Memangnya apa saja isi tabung APAR? Yuk, cari tahu bareng-bareng biar kamu nggak salah pilih saat mau beli APAR!

4 Isi Tabung Pemadam Kebakaran dan Keunggulannya

Dalam dunia pemadaman kebakaran, pemilihan isi tabung pemadam sangat krusial karena setiap jenis media pemadam memiliki karakteristik, fungsi, dan keunggulan yang berbeda. Jenis isi APAR yang umum digunakan adalah Powder, Foam, CO2, dan Liquid Gas.

1. Dry Chemical Powder (Serbuk Kering)

isi tabung pemadam kebakaran powder untuk kebakaran kelas A B C

Serbuk kering, seperti ABC Powder, merupakan salah satu jenis media pemadam yang paling populer. Efektif untuk memadamkan kebakaran kelas A (bahan padat), B (cairan mudah terbakar), dan C (peralatan elektronik yang teraliri listrik).

Keunggulan APAR dry chemical powder antara lain:

  • Serbaguna: Dapat digunakan pada berbagai tipe kebakaran, membuatnya ideal untuk lingkungan dengan risiko kebakaran yang beragam.
  • Efektif: Memadamkan api dengan cepat melalui proses penghambatan reaksi kimia.
  • Tidak Konduktif: Aman digunakan pada peralatan elektronik yang teraliri listrik.

Meskipun serbaguna, namun isi tabung pemadam kebakaran powder memiliki kekurangan. Salah satunya meninggalkan residu setelah penggunaan dan kurang efektif untuk mengatasi kebakaran kelas D (logam) dan kelas K (minyak dan lemak dapur).

2. Foam (Busa)

Busa efektif untuk memadamkan kebakaran kelas A dan kelas B, khususnya cairan mudah terbakar. Isi tabung pemadam kebakaran ini bekerja dengan membentuk lapisan antara bahan bakar dan oksigen, mencegah akses oksigen yang diperlukan untuk pembakaran.

Keunggulan:

  • Pencegahan Re-ignition: Lapisan busa mencegah uap bahan bakar terbentuk kembali, mengurangi risiko api menyala kembali.
  • Penetrasi dan Pendinginan: Busa dapat menembus area yang sulit dijangkau dan memberikan efek pendinginan.
  • Efektif untuk Spill Fires: Sangat efektif untuk memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh tumpahan bahan bakar.

Sama seperti APAR powder, alat pemadam api media foam juga meninggalkan residu setelah penggunaan. Residu ini bisa menjadi masalah terutama di area dengan peralatan sensitif atau di lingkungan yang memerlukan kebersihan tinggi.

3. CO2 (Karbon Dioksida)

isi tabung pemadam kebakaran CO2 garansi 5 tahun

Isi tabung pemadam kebakaran CO2 sangat efektif untuk kebakaran kelas B dan kelas C. Gas CO2 bekerja dengan menggantikan oksigen di sekitar api dan juga memiliki efek pendinginan. Hal ini memungkinkan api padam lebih cepat dan tidak menyala kembali.

Keunggulan:

  • Tidak Meninggalkan Residu: Setelah penggunaan, CO2 menguap tanpa meninggalkan residu, menjadikannya pilihan yang baik untuk peralatan sensitif.
  • Aman untuk Perangkat Elektronik: Tidak menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik.
  • Efektif untuk Ruang Terbatas: Ideal digunakan dalam ruang terbatas seperti ruang server atau arsip.

Kekurangan APAR CO2 adalah dapat menyebabkan bahaya asfiksia jika digunakan dalam ruangan tertutup tanpa ventilasi yang memadai, namun akan tetap aman jika digunakan sesuai prosedur. Selain itu, APAR ini juga kurang efektif untuk kebakaran kelas A.

4. Liquid Gas

Liquid gas seperti FM-200 atau NOVEC 1230, adalah agen pemadaman yang berubah menjadi gas saat dilepaskan. Media APAR ini efektif untuk kebakaran kelas A, B, dan C. Biasanya, APAR liquid gas sering digunakan di data center dan ruang server.

Keunggulan:

  • Ramah Lingkungan: Beberapa liquid gas seperti NOVEC 1230 memiliki dampak lingkungan yang rendah.
  • Kecepatan Pemadaman: Memadamkan api dengan sangat cepat, seringkali dalam hitungan detik.
  • Keamanan untuk Ruang Terbatas: Aman digunakan di ruang yang berisi orang karena memiliki tingkat toksisitas yang rendah.

APAR dengan media liquid gas sangat cocok untuk berbagai aplikasi. Namun, biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan isi tabung pemadam kebakaran jenis lainnya. Hal ini yang seringkali menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya.

Apa Isi Tabung Pemadam Kebakaran yang Paling Efektif?

Memilih isi tabung pemadam kebakaran yang paling efektif tidak bisa disamaratakan untuk setiap situasi. Kok bisa? Ya, karena efektivitas setiap jenis APAR sangat tergantung pada jenis kebakaran yang terjadi dan kondisi area yang diproteksi.

isi tabung pemadam kebakaran garansi 5 tahun

Bisa dikatakan bahwa tidak ada satu jenis media APAR yang paling efektif untuk semua situasi, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kegunaan yang spesifik terhadap jenis kebakaran tertentu, sehingga harus disesuaikan dengan area yang diproteksi.

  • Area Elektronik/Data Center: CO2 atau liquid gas lebih disukai karena tidak meninggalkan residu dan aman untuk peralatan elektronik.
  • Area Industri/Workshop: Powder bisa menjadi pilihan terbaik karena kemampuannya memadamkan berbagai jenis kebakaran, meskipun perlu dipertimbangkan risiko residu pada peralatan.
  • Area Penyimpanan Bahan Bakar/Cairan Mudah Terbakar: Foam adalah pilihan efektif karena kemampuannya membentuk lapisan isolasi pada cairan.

Jadi, tidak ada satu jenis isi tabung pemadam kebakaran tertentu yang dapat dikatakan paling efektif untuk semua situasi. Keputusan harus didasarkan pada evaluasi risiko kebakaran spesifik dan rekomendasi dari ahli keamanan kebakaran.

Apakah Isi Tabung Pemadam Kebakaran Bisa Diisi Ulang?

isi ulang tabung pemadam kebakaran teknisi profesional

Ya, isi tabung pemadam kebakaran bisa diisi ulang setelah digunakan atau ketika telah mencapai masa kedaluwarsa APAR penggunaannya. Proses ini harus dilakukan oleh teknisi yang terlatih dan berpengalaman dalam bidang pemadam kebakaran.

Tujuannya untuk memastikan bahwa tabung diisi dengan benar dan sesuai dengan standar keamanan yang berlaku. Lalu, bagaimana proses isi ulang APAR? Proses pengisian ulang tabung pemadam api meliputi beberapa langkah penting berikut ini:

  • Pemeriksaan: Tabung pemadam kebakaran akan diperiksa secara menyeluruh untuk menemukan kerusakan atau kebocoran. Ini termasuk memeriksa seluruh bagian tabung, seperti katup, pin pengaman, dan manometer (pengukur tekanan).
  • Pengosongan: Isi lama akan dikeluarkan sepenuhnya dari tabung untuk memastikan bahwa isi yang baru dapat masuk tanpa terkontaminasi.
  • Pembersihan: Tabung dan komponennya dibersihkan untuk menghilangkan residu isi lama dan kotoran lainnya yang mungkin mengganggu kinerja tabung.
  • Pengisian Ulang: Tabung kemudian diisi ulang dengan media pemadam yang sesuai, seperti serbuk kering, busa, CO2, atau gas lainnya, sesuai dengan spesifikasi tabung dan kebutuhan proteksi kebakaran.
  • Pengujian: Setelah diisi ulang, tabung pemadam kebakaran diuji untuk memastikan bahwa isi berada pada tekanan yang benar dan tabung berfungsi dengan baik. Pengujian ini mungkin termasuk uji tekanan hidrostatik untuk memastikan integritas tabung.
  • Pelabelan dan Pencatatan: Informasi pengisian ulang, termasuk tanggal dan jenis media pemadam, dicatat dan dilabelkan pada tabung untuk memudahkan identifikasi dan pemeliharaan di masa mendatang.

Refill APAR secara teratur adalah bagian penting dari pemeliharaan peralatan pemadam kebakaran. Terutama pada APAR yang sudah digunakan dan mendekati masa kadaluarsa APAR. Hal ini akan memastikan kesiapan dan efektivitasnya dalam situasi darurat.

Jangan Biarkan Isi Tabung APAR-mu Kosong, Refill Sekarang Biar Ready to Use!

Apakah APAR-mu sudah dekat dengan tanggal kadaluarsa atau pernah digunakan? Jika benar, maka sekarang waktunya untuk mengisi ulang tabung pemadam kebakaran! Jangan sampai keadaan darurat datang, tapi tabung APAR-mu kosong dan nggak bisa dipakai.

Tenang, Bromindo siap bantu dengan layanan isi ulang APAR on site service yang nggak cuma canggih tapi juga nyaman banget. Dengan layanan ini, kamu nggak perlu repot-repot bawa APAR ke tempat isi ulang. Tim Bromindo yang akan datang ke tempatmu.

Jadi, kamu tinggal duduk manis sambil ngopi, biarkan kami yang kerja. Praktis kan? Tim Bromindo bukan sembarangan teknisi. Mereka itu para profesional handal yang sudah bertahun-tahun bergelut di dunia pemadam kebakaran.

isi tabung pemadam kebakaran on site service

Jadi, bisa dipastikan APAR kamu diisi ulang dengan standar keamanan tertinggi. Hebatnya lagi, Bromindo juga bakal kasih kamu garansi 5 tahun untuk setiap isi ulang APAR. Ini bukan cuma soal isi ulang aja, tapi soal ketenangan pikiranmu untuk beberapa tahun ke depan.

Saat proses isi ulang, kita juga bisa mengadakan sesi training APAR gratis buat kamu dan teman-temanmu. Jadi, selain APAR-nya full, pengetahuan dan skill kamu dalam hal pemadaman kebakaran juga makin mantap! Wah, hebat kan?

Sementara APAR kamu lagi diisi ulang sama teknisi profesional Bromindo, kami sediakan APAR cadangan buat gedungmu. Jadi, kamu nggak perlu khawatir akan ada momen terlewatkan tanpa proteksi. Kami selalu punya backup plan untuk keamananmu.

Jangan tunggu sampai kebakaran beneran terjadi baru kamu ingat APAR-mu kosong! Cek dan isi ulang APAR-mu sekarang juga di Bromindo. Hubungi kami sekarang, dan mari kita jaga keamanan bersama dengan cara yang asyik dan nggak ribet!

Recommended Posts

Leave a Comment

0