APAR memang bisa digunakan untuk mengatasi kebakaran listrik. Tapi, tahukah kamu, nggak semua APAR bisa digunakan untuk memadamkan api yang disebabkan oleh listrik? Nah, biar kamu nggak salah pilih, yuk simak jenis APAR yang cocok buat kebakaran listrik.

Kenapa Ya Kebakaran Listrik Butuh Jenis APAR Khusus?

jenis apar untuk kebakaran listrik garansi 5 tahun

Kebakaran listrik memang punya tantangan tersendiri yang nggak bisa dianggap remeh. Pasalnya, saat listrik sudah jadi penyebab kebakaran, situasinya bisa jadi makin rumit. Nah, makanya, untuk mengatasi kebakaran jenis ini, kita butuh APAR yang spesifik dan sesuai.

Terjadinya kebakaran yang melibatkan peralatan elektronik yang teraliri listrik dikategorikan dalam kebakaran kelas C. Kelas kebakaran ini harus ditangani secara hati-hati dan perlu menggunakan jenis APAR khusus. Tapi, kenapa sih kebakaran listrik butuh APAR khusus?

Perlu kamu tau, kebakaran listrik punya risiko tambahan karena adanya aliran listrik yang aktif. Nah, APAR biasa yang dipakai buat kebakaran umum mungkin saja kurang cocok buat situasi ini karena bisa memperparah keadaan dengan menyebabkan korsleting.

Selain itu, kebakaran listrik sering terjadi di sekitar peralatan elektronik atau kelistrikan. Nah, bahan pemadam yang digunakan pada jenis APAR untuk listrik tersebut harus aman buat peralatan elektronik tersebut agar tidak mengalami kerusakan pasca kebakaran.

APAR yang dipilih juga harus efektif dalam memadamkan api yang berasal dari arus listrik. Jenis APAR khusus untuk kebakaran listrik biasanya dirancang dengan bahan kimia yang bisa memutuskan rantai reaksi kimia pada kebakaran listrik dengan cepat dan efektif.

Jadi, itu dia alasan kenapa kebakaran listrik membutuhkan jenis APAR khusus. Kita perlu memilih APAR yang tepat dan sesuai dengan kondisi kebakaran yang dihadapi, supaya bisa mengatasi kebakaran listrik dengan lebih efektif dan tanpa menambah risiko tambahan.

Lalu, Apa Saja Jenis APAR untuk Korsleting Listrik?

Kebakaran listrik perlu ditangani secara khusus agar tidak menimbulkan risiko tambahan. Untuk itu, penting bagi kamu mengenali apa saja jenis-jenis APAR untuk listrik. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis alat pemadam api untuk kebakaran listrik yang aman dan efektif:

1. APAR Powder

jenis apar untuk listrik media powder konsentrat tinggi

Rekomendasi jenis APAR untuk listrik yang pertama adalah APAR dry chemical powder. Media powder sangat efektif dalam memadamkan kebakaran listrik karena serbuknya dapat memutuskan rantai reaksi kimia pada api dan menghilangkan sumber panas.

Selain digunakan untuk memadamkan kebakaran listrik, APAR powder juga efektif untuk memadamkan kebakaran dari berbagai sumber bahan bakar lainnya seperti kayu, kertas, plastik, dan minyak. Oleh karena itu, APAR powder disebut multipurpose.

Jenis APAR untuk listrik ini tidak mengandung air atau zat yang menghantarkan listrik, sehingga aman digunakan dalam situasi kebakaran listrik tanpa menambah risiko kecelakaan listrik. Namun, penggunaan APAR powder akan meninggalkan residu pasca pemadaman.

Residu APAR powder dapat menyebabkan kontaminasi dan merusak peralatan elektronik atau mesin. Sisa powder perlu dibersihkan dengan seksama karena residu serbuknya dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan atau permukaan yang terkena.

Baca juga: Cara Membersihkan Residu APAR Powder Pasca Pemadaman

2. Jenis APAR CO2 untuk Kebakaran Listrik

jenis apar untuk listrik media CO2 ramah lingkungan

Kelebihan APAR CO2 adalah kemampuannya memadamkan api tanpa meninggalkan residu yang dapat merusak alat elektronik atau mesin. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk memadamkan kebakaran listrik tanpa menyebabkan kerusakan tambahan.

CO2 adalah gas non-konduktif yang dapat digunakan dengan aman untuk kebakaran listrik, tanpa menambah risiko kecelakaan listrik lebih lanjut. Ini memungkinkan penggunaan APAR CO2 di sekitar peralatan listrik tanpa khawatir tentang kecelakaan listrik tambahan.

Gas CO2 yang disemprotkan oleh jenis APAR untuk listrik memiliki efek pendinginan yang cepat dan mengurangi kandungan oksigen di sekitar api. Dengan menghilangkan unsur-unsur segitiga api tersebut, api dapat dipadamkan dengan cepat dan efektif.

APAR CO2 tidak meninggalkan residu atau zat kimia yang dapat merusak peralatan elektronik. Ini membuatnya menjadi pilihan yang aman untuk digunakan di sekitar peralatan sensitif seperti komputer, server, atau peralatan kelistrikan lainnya.

Namun, penggunaan APAR CO2 dalam ruangan tertutup dapat menyebabkan penumpukan gas CO2 yang akan mengurangi kandungan oksigen di udara. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko sesak napas atau kehabisan oksigen bagi orang yang ada di dalamnya.

3. APAR Liquid Gas

APAR liquid gas memiliki kemampuan untuk mendinginkan dan mengurangi oksigen di sekitar api dengan cepat, sehingga efektif dalam memadamkan api. Khususnya pada kebakaran listrik yang tidak bisa menggunakan media air.

Berbeda dengan pemadam api berbasis air atau busa seperti APAR foam, alat pemadam api liquid gas tidak menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik. Hal ini sangat penting ketika menghadapi kebakaran pada peralatan listrik yang sensitif.

Berbeda dengan APAR CO2 yang kurang aman digunakan di ruangan tertutup, jenis APAR untuk listrik ini aman untuk penggunaan di dalam ruangan. Media pemadam tidak meninggalkan residu yang bisa mengganggu kesehatan manusia maupun merusak peralatan elektronik.

Namun, jika dibandingkan dengan APAR lain, harga jenis APAR untuk listrik media liquid gas cenderung lebih mahal. Meski begitu, liquid gas menjadi jenis APAR untuk listrik yang paling direkomendasikan dengan berbagai keunggulan yang dimiliki.

Fitur Selang Magnetik Bikin Cara Menggunakan APAR untuk Listrik Makin Gesit

jenis apar untuk listrik dengan fitur magnetic nozzle

Inovasi terbaru alat pemadam kebakaran terus berkembang seiring waktu. Begitu pula dengan alat pemadam api ringan (APAR) yang terus upgrade dari segi desain dan fungsinya. Nah, yang terbaru adalah inovasi magnetic nozzle pada APAR Firefix.

Sebagai alat pemadam api canggih, Firefix selalu berinovasi dengan produk-produknya untuk meningkatkan efektivitas dan kenyamanan pengguna. Salah satunya adalah inovasi magnetic nozzle pada berbagai jenis APAR untuk listrik.

Nozzle adalah salah satu komponen APAR yang berfungsi untuk mengarahkan media pemadam api. Melalui komponen ini, pengguna APAR bisa mengatur arah aliran media pemadam ke titik api sesuai kebutuhan. Berkat inovasi terbarunya, nozzle pada APAR Firefix kini semakin canggih.

Magnetic Hose Nozzle adalah sebuah fitur selang APAR yang telah dilengkapi dengan sistem magnet pada bagian kepala semprot (nozzle) dan tabung APAR, sehingga selang bisa langsung menempel tanpa perlu nozzle atau sabuk.

Konsep magnetic nozzle ini fokus pada akses cepat saat kebakaran listrik terjadi. Fitur ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan jenis APAR untuk listrik, karena pengguna dapat langsung menggunakan APAR tanpa harus repot melepasnya dari sabuk.

Dengan menggunakan magnet yang kuat, nozzle dapat dengan mudah ditempelkan ke tabung APAR dengan praktis dan aman. Hal ini memastikan bahwa jenis APAR untuk listrik selalu dalam kondisi siap pakai dan mudah diakses oleh siapapun di lokasi kejadian.

Implementasi fitur magnetic hose nozzle ini tentunya diterima baik oleh industri dan lingkungan komersial. Terutama di tempat-tempat yang memerlukan respon cepat dalam keadaan darurat, seperti di pusat data, laboratorium, dan fasilitas produksi.

Pasti Aman! Ikuti Tips Menggunakan APAR Saat Kebakaran Listrik Terjadi

Menggunakan jenis APAR untuk kebakaran listrik membutuhkan ketenangan dan pengetahuan yang cukup. Dengan mempersiapkan diri dan mengikuti tips berikut ini, kamu bisa bertindak cepat dan aman saat situasi darurat terjadi:

1. Pilih Jenis APAR untuk Listrik yang Tepat

jenis apar untuk listrik rekomendasi damkar

Pastikan kamu menggunakan jenis APAR dengan media pemadam yang sesuai untuk kebakaran listrik, seperti powder, CO2, atau liquid gas. Ketiganya efektif memadamkan api tanpa meninggalkan residu yang bisa merusak peralatan elektronik.

2. Matikan Sumber Listrik

Sebelum menggunakan jenis APAR untuk listrik, sangat penting untuk memastikan sumber listrik telah dimatikan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kebakaran merebak atau terjadi korsleting listrik ulang yang semakin membahayakan.

3. Jaga Jarak Aman

Saat menggunakan jenis APAR untuk kebakaran, pastikan kamu berada pada jarak aman dari api. Jarak menggunakan APAR yang direkomendasikan adalah sekitar 3-5 meter dari sumber api. Jangan terlalu dekat dari api karena bisa terkena jilatan dari api tersebut.

4. Padamkan Api dengan Teknik PASS

jenis apar untuk listrik media powder kualitas terbaik

Dalam menggunakan jenis APAR untuk kebakaran listrik, kamu bisa menerapkan Teknik PASS (Pull, Aim, Squeeze, Sweep). Berikut adalah langkah-langkah menggunakan APAR dengan teknik PASS yang harus kamu ikuti saat terjadi situasi darurat:

  • Pull: Tarik pin pengaman atau pin safety yang mengunci handle APAR.
  • Aim: Arahkan nozzle APAR ke dasar api, bukan ke atas atau tengah nyala api. Ini membantu memadamkan sumber api secara langsung dan efektif.
  • Squeeze: Tekan handle APAR dengan kuat untuk mengeluarkan isi media APAR dari dalam tabung.
  • Sweep: Sapukan media APAR dengan menggerakkan nozzle dari sisi ke sisi agar seluruh area yang terbakar tercover dan api lebih cepat padam.

5. Evaluasi dan Tetap Siaga

Setelah api padam, jangan langsung meninggalkan area. Pantau selama beberapa menit untuk memastikan api benar-benar padam dan tidak menyala kembali. Pastikan juga untuk segera mengisi ulang APAR setelah digunakan agar siap untuk keadaan darurat berikutnya.

Itu dia rekomendasi jenis APAR untuk listrik dan tips menggunakannya. Pastikan kamu memilih APAR berkualitas yang sudah teruji kemampuannya dalam memadamkan kebakaran listrik, seperti APAR Firefix yang sudah berlisensi Lab Damkar DKI Jakarta.

Selain sudah teruji Damkar, APAR Firefix juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti QR Firecek dan yang terbaru fitur magnetic hose nozzle. Dapatkan jenis APAR untuk listrik yang asli, harga terbaik, dan gratis ongkir hanya DISINI.

Recommended Posts

Leave a Comment

0