Penggunaan fire blanket yang cenderung simple dan mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna alat pemadam api. Meskipun cukup mudah, namun ada beberapa detail yang harus diperhatikan ya Fire Gankz!

Langkah-langkah Penggunaan Fire Blanket

Sebelum menggunakan fire blanket atau selimut api Fire Gankz harus memperhatikan luasan atau besar dari kebakaran. Jika api sudah lebih besar dari ukuran fire blanket (biasanya ukuran fire blanket 1x1m, 1,2×1,2m dan 1,8×1,8m) maka sebaiknya segera menghubungi Damkar atau menggunakan alat pemadam api lain yang dapat memadamkan kebakaran sedang-besar.

Langkah-langkah Penggunaan Fire Blanket

Langkah menggunakan fire blanket:

  1. Tarik kedua pita hitam untuk mengeluarkan selimut api.
  2. Pegang ujung selimut api untuk membungkus kedua tangan supaya terhindar dari jilatan api.
  3. Melangkah mendekat ke titik api dengan posisi fire blanket di depan badan, jangan melawan arah angin saat menuju ke titik api.
  4. Letakan fire blanket pada titik api dengan hati-hati, jangan melempar fire blanket karena dapat menghamburkan bara api.
  5. Pastikan untuk menutupi seluruh area kebakaran guna memutus aliran oksigen (segitiga api), sehingga api padam.
  6. Diamkan fire blanket di atas titik kebakaran sampai asap putih mengepul dan suhu di sekitar area kebakaran menurun sebagai tanda api sudah benar-benar padam.
  7. Segera buang fire blanket setelah digunakan dan ganti dengan yang baru.

Keuntungan Menggunakan Selimut Api

Fire blanket atau selimut api yang terbuat dari material fiberglass tahan api ini memberikan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Apa saja? Silakan cek di bawah ini!

  • Memadamkan api tahap awal di berbagai area dan kelas kebakaran.
  • Membungkus pakaian orang yang terbakar.
  • Dapat digunakan sebagai perlindungan keluar dari area kebakaran.
  • Mudah digunakan dan juga tidak memakan space saat disimpan.

Penggunaan Fire Blanket Firefix

Nah, jika Fire Gankz membutuhkan fire blanket kini Firefix menyediakan fire blanket dengan ukuran 1,2×1,2m dan 1,8×1,8m.¬†Tentunya, dengan kualitas material fiberglass terbaik dan juga harga yang terjangkau! Jika Fire Gankz juga membutuhkan alat pemadam api selain fire blanket, bisa juga mendapatkanya di sini!

Recommended Posts

Leave a Comment

0