Kebakaran adalah bencana yang bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Oleh karena itu, alat pemadam kebakaran wajib disediakan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Simak apa saja peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya yang harus yang harus dimiliki berikut ini!

Jenis Peralatan Pemadam Kebakaran di Gedung

Ada beberapa jenis peralatan pemadam kebakaran yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan tipe ruangan yang diproteksi dan potensi kelas kebakaran yang terjadi. Jenis peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya adalah sebagai berikut.

1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya teruji lab damkar DKIUntuk mengatasi kebakaran pada awal kejadian, sangat penting untuk menyediakan alat pemadam api ringan (APAR). Fungsi APAR adalah untuk memadamkan api kecil agar tidak semakin meluas dan menyebabkan kebakaran besar.

2. Alat Pemadam Api Otomatis (Thermatic)

peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya sesuai standarBerbeda dengan APAR yang harus dioperasikan oleh orang, Thermatic dapat bekerja secara otomatis saat terjadi kebakaran. Cara kerja Thermatic adalah mengeluarkan media pemadam api saat detector mendeteksi adanya tanda-tanda kebakaran. 

3. Fire Sprinkler System

peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya untuk gedungFire sprinkler system merupakan alat pemadam api otomatis yang bekerja dengan mengeluarkan media air saat terjadi kebakaran. Kebakaran menyebabkan suhu ruangan meningkat. Jika suhu mencapai 68 derajat celcius, glass bulb akan pecah dan sistem akan mengeluarkan air secara otomatis.

4. Fire Hydrant System

peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya kualitas terbaikFungsi fire hydrant system adalah peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya untuk mendistribusikan media air saat terjadi kebakaran. Media air dari ground tank akan didistribusikan oleh pompa hydrant dan jaringan perpipaan. Media air keluar melalui hydrant pillar dan disalurkan ke titik api menggunakan fire hydrant equipment.

5. Fire Suppression System

peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya untuk proteksi gedungFire suppression system adalah peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya untuk mendeteksi api sekaligus memadamkannya secara otomatis. Detector akan mendeteksi tanda kebakaran, kemudian media pemadam api akan keluar secara otomatis, sehingga peluang terjadinya kebakaran dapat ditekan.

Jenis Alat Keselamatan Kerja Pemadam Kebakaran dan Fungsinya

alat keselamatan kerja dan fungsinya yang berkualitasUntuk memastikan proses pemadaman kebakaran berlangsung dengan aman dan lancar, petugas pemadam kebakaran juga harus menggunakan alat keselamatan kerja yang lengkap. Apa saja peralatan keselamatan kerja pemadam kebakaran dan fungsinya yang harus digunakan? Berikut penjelasannya.

1. Baju Tahan Panas

Peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya ini terbuat dari material khusus agar tahan terhadap panas, yaitu serat akrilik yang dipadukan dengan benang fiberglass serta aluminium. Fungsi baju tahan panas adalah untuk melindungi tubuh pengguna dari suhu panas dari kobaran api.

2. Baju Tahan Api

Baju tahan api tersedia lengkap bersama dengan celana tahan api yang terbuat dari bahan aluminium foil, penutup kepala atau helm yang diberi lapisan kaca bening, sarung tahan api, sepatu, dan senter. Fungsi dari baju tahan api adalah untuk melindungi pengguna dari kobaran api.

3. Helm Pemadam Kebakaran

Untuk melindungi bagian kepala pada saat melakukan cara pemadaman api, petugas harus menggunakan helm pelindung. Peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya ini dibuat dari material yang anti panas dan tahan benturan. Alat ini dilengkapi dengan neck protection dan tali pengikat yang tahan panas.

4. Sarung Tangan Pemadam Kebakaran

Untuk melindungi tangan dari suhu panas maupun jilatan api, proses pemadaman kebakaran harus dilengkapi dengan pemakaian sarung tangan pemadam kebakaran. Alat ini biasanya terbuat dari material utama berupa sueder yang tahan panas dan api. 

5. Sepatu Boots Safety

Sepatu boots safety adalah peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya untuk melindungi kaki dari panas api. Selain itu, sepatu boots safety juga dapat mencegah petugas pemadam kebakaran dari kecelakaan, seperti kulit terbakar, terpeleset, atau tertusuk paku.

6. Breathing Apparatus (BA)

Saat berada dalam situasi kebakaran, asap yang tebal bisa membuat petugas berisiko mengalami sesak napas. Peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya ini adalah untuk membantu menjaga pernafasan petugas saat menjalankan tugasnya. 

Pilih Firefix, Alat Pemadam Kebakaran Berkualitas untuk Proteksi Lebih Optimal!

alat pemadam api Firefix kualitas terbaikDalam menyediakan peralatan pemadam kebakaran dan fungsinya, hal yang harus Anda perhatikan adalah memilih produk yang berkualitas. Firefix menyediakan berbagai macam alat pemadam kebakaran dengan harga terjangkau, tapi kualitas terbaik. 

Jenis peralatan pemadam kebakaran gedung yang tersedia di Firefix sangat lengkap. Mulai dari APAR, APAB, thermatic, dan hydrant equipment. Semua produk Firefix telah teruji dan terjamin kualitasnya. APAR Firefix telah teruji dan bersertifikasi Lab Damkar DKI Jakarta, sehingga tidak perlu diragukan kualitasnya.

Yuk, lengkapi sistem proteksi kebakaran dengan produk Firefix yang sudah terjamin kualitasnya! Jangan ragu jika ingin konsultasi terlebih dahulu. Langsung saja hubungi kontak kami!

Recent Posts

Leave a Comment

0