APAR (alat pemadam api ringan) menjadi salah satu alat proteksi kebakaran yang harus dimiliki. Nah, Bagi Anda yang sudah memiliki APAR, apakah sudah tahu bagaimana standar dan batas suhu penempatan APAR? Jika belum, yuk simak penjelasan yang sudah kami rangkum berdasarkan yang disampaikan Permenakertrans terkait dengan APAR.

Seperti Apa Detail dari Standar Penempatan APAR?

Jadi, terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui dan cermati sebelum mulai menempatkan APAR. Seperti pemilihan tempat untuk menaruh APAR, posisi penempatan, dan batas suhu penempatan APAR dengan rincian sebagai berikut.

  1. APAR harus diletakkan pada area yang tidak terhalangi sesuatu dan mudah untuk dijangkau.
  2. Pastikan untuk meletakkan APAR pada dinding dengan ketinggian 125 cm dari atas lantai. Anda juga bisa melakukannya dengan ketinggian minimal 15 cm dari atas lantai.
  3. Pasang tanda APAR di atas tempat peletakan tabung yang sudah terpasang pada dinding.
  4. Jika ingin meletakkan beberapa APAR, pastikan APAR satu dengan APAR lainnya memiliki jarak minimal 15 meter. Namun, untuk masalah jarak ini bisa Anda ubah dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pakar K3.

Batas Suhu Penempatan APAR di perusahaan

Di atas merupakan ilustrasi penggambaran standar penempatan APAR yang benar. Diharapkan dengan adanya cara peletakan sesuai SOP tersebut, APAR mudah untuk dijangkau ketika sedang dibutuhkan. Selain itu, APAR juga tidak mudah rusak ketika disimpan menggunakan cara tersebut.

Lalu, Berapa Batas Suhu Penempatan APAR yang Benar?

Untuk standar penempatan APAR dan batasan suhu, sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980. Berisikan tentang syarat-syarat pemasangan dan pemeliharaan alat pemadam api ringan.

Pemasangan APAR itu sendiri tidak dianjurkan untuk ditempatkan didalam ruangan dengan suhu lebih dari 49º C dan turun hingga minus 44º C.

Jika Anda menggunakan alat pemadam api powder merk Firefix, tidak perlu khawatir. Karena APAR sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Permenakertrans. Sehingga sangat cocok untuk digunakan iklim di Indonesia.

Dengan adanya pembatas tersebut bertujuan agar media yang ada didalam tabung APAR tetap terjaga dengan baik. Sehingga media APAR tidak mencair maupun membeku, dan APAR tetap bisa digunakan dengan baik dalam keadaan darurat.

batasan suhu penempatan apar

Jika Ingin Meletakkan APAR Outdoor, Apakah Boleh Terkena Sinar Matahari?

Ketika APAR diletakkan diluar ruangan, mau tidak mau harus berhadapan dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Baik itu terkena paparan suhu cuaca yang dingin, basah karena hujan, dan bahkan paparan cuaca panas yang extream.

Maka dari itu, dibutuhkan box khusus untuk melindungi APAR yang akan diletakkan diluar ruangan. Dengan adanya box tersebut, APAR akan terlindungi dan terhindar dari korosi akibat cuaca. 

Batas Suhu Penempatan APAR yang benar

Selain Memperhatikan Batas Suhu Penempatan APAR, Melakukan Pengecekan Rutin Juga Penting

Tidak hanya mengikuti peraturan dalam menyesuaikan batas suhu penempatan APAR, Melakukan pengecekan secara berkala juga penting, lho! Jangan sampai Anda lalai untuk melakukan pengecekan APAR, mulai dari memeriksa area sekitar peletakan APAR, kondisi APAR, hingga kondisi media APAR. 

Pengecekan atau yang biasa disebut dengan inspeksi ini harus dilakukan minimal sekali dalam satu tahun. Hal tersebut bertujuan agar jika terjadi kerusakan pada APAR bisa diketahui dan segera diperbaiki. Akan tetapi, sebagian besar orang pasti malas untuk melakukan inspeksi APAR, apalagi memiliki banyak tabung APAR.

Batas Suhu Penempatan APAR Firecek

Tenang, sekarang sudah ada solusinya, yaitu aplikasi canggih untuk smartphone bernama Firecek. Di Dalam aplikasi ini terdapat banyak fasilitas dan fitur yang bisa Anda gunakan untuk membantu dalam mengelola APAR. Penasaran? Baca pembahasan lengkap terkait Firecek di sini …

Nah, itulah pembahasan tentang peraturan dari Permenakertrans yang berisikan tentang standar penempatan dan batas suhu penempatan APAR. Jadi, APAR merupakan alat proteksi yang penting, sehingga itulah alasan kenapa kita harus mulai memperhatikan keberadaan APAR. Jika Anda belum memiliki APAR, bisa membeli APAR Firefix berkualitas di sini …

Recommended Posts

Leave a Comment

0