Batas suhu penempatan APAR wajib diperhatikan karena akan berkaitan dengan kualitas dan performa alat pemadam api tersebut saat digunakan. Lalu, berapa suhu penempatan APAR yang direkomendasikan? Simak penjelasannya!

Kenapa Sih Batas Suhu Penempatan APAR Itu Penting?

batas suhu penempatan APAR di dalam dan di luar ruangan menurut permenaker

APAR merupakan perangkat vital yang harus selalu dalam kondisi siap pakai. Untuk menjaga kesiapannya, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah penempatan APAR sesuai dengan batas suhu yang tepat.

Mengapa suhu menjadi penting? Suhu penyimpanan APAR akan memastikan bahwa alat tersebut akan bekerja secara optimal ketika dibutuhkan. Material yang digunakan pada APAR dirancang untuk beroperasi dalam kisaran suhu tertentu.

Jika suhu terlalu tinggi atau  rendah, bisa berakibat pada kerusakan komponen internal atau bahkan kegagalan alat pada saat digunakan. Rentang suhu yang ideal akan menjaga tekanan APAR dan bahan kimia pemadam dalam kondisi efektif.

Lalu, apa dampak yang terjadi pada suhu rendah? Di bawah suhu beku, mekanisme internal APAR dapat menjadi kurang efektif. Cairan pemadam bisa membeku atau mengental, sehingga menyulitkan zat tersebut untuk keluar dari tabung saat dipicu.

Selain itu, segel karet atau plastik mungkin menjadi kaku dan pecah, menyebabkan kebocoran dan penurunan tekanan. Jika hal tersebut terjadi, pemadaman api pada saat darurat bisa saja gagal dilakukan.

Batas suhu penempatan APAR yang aman untuk tekanan APAR

Suhu yang terlalu tinggi juga dapat merusak APAR. Panas berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tabung, yang bisa mengakibatkan peledakan. Bahan pemadam mungkin terurai menjadi zat yang kurang efektif dalam memadamkan api.

Oleh karena itu, pemasangan atau penempatan APAR harus dilakukan pada suhu yang ideal. Lalu, berapa batas suhu penempatan APAR yang ideal? Hal ini sudah diatur oleh pemerintah Indonesia.

Batas Suhu Penempatan APAR Menurut Permenaker No 4 Tahun 1980

Peraturan yang mengatur tentang batas suhu penempatan APAR di Indonesia adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No:PER.04/MEN/1980 tentang syarat-syarat pemasangan dan pemeliharaan alat pemadam api ringan (APAR).

batas suhu penempatan apar di luar ruangan

Permenakertrans No. 4 Tahun 1980 menyatakan bahwa batas suhu penempatan APAR adalah tidak dianjurkan lebih dari 49ºC atau turun sampai minus 44ºC.

Jadi, APAR tidak boleh ditempatkan di suhu berapa? APAR tidak boleh diletakkan pada area yang suhunya di atas 49ºC atau di bawah 44ºC. Namun, peraturan APAR ini dikecuali jika jenis APAR tersebut memang dibuat khusus untuk ditempatkan pada area dengan suhu di luar batas tersebut.

Apakah APAR Boleh Terpapar Sinar Matahari? 

Saat APAR diletakkan di luar ruangan, mau tidak mau akan berhadapan langsung dengan kondisi cuaca yang terjadi. Baik itu terkena paparan suhu dingin, basah karena hujan, dan bahkan terpapar panas yang ekstrem.

Penempatan APAR di luar ruangan berkaitan dengan batas suhu penempatan APAR. Lalu, apakah boleh jika APAR terpapar sinar matahari? Jawabannya adalah boleh-boleh saja, tapi harus memenuhi syarat.

batas suhu penempatan apar di luar ruangan

Permenakertrans No. 4 Tahun 1980 menyarankan penggunaan box APAR untuk melindungi APAR yang diletakkan di luar ruangan. Fungsinya agar tabung APAR terlindungi dan terhindar dari korosi akibat paparan cuaca yang ekstrem. 

Meski begitu, penggunaan box APAR bukan suatu kewajiban. Apalagi jika Anda menggunakan produk APAR yang terjamin kualitasnya, seperti APAR Firefix. Pasalnya, material tabung APAR Firefix sangat cocok dengan iklim di Indonesia.

Tabung APAR Firefix dibuat dari material berkualitas, sehingga sangat tahan terhadap paparan cuaca. Meskipun diletakkan di outdoor, kualitas tabung APAR Firefix tetap terjaga. Tidak akan mengalami korosi, kebocoran , ataupun kerusakan media.

Bagaimana Ketentuan Penempatan APAR Dalam Suatu Ruangan?

Sebelum menempatkan APAR di area tertentu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Selain harus memperhatikan batas suhu penempatan APAR, standar penempatan APAR lainnya juga harus diterapkan.

1. Mudah Dilihat dan Dijangkau

batas suhu penempatan APAR yang ideal

APAR diletakkan dimana? Menurut peraturan tentang APAR terbaru, penempatan APAR harus pada area yang mudah dilihat dan dijangkau. Penempatan APAR tidak terhalangi oleh sesuatu apapun.

Posisi APAR yang mudah dijangkau akan memudahkan petugas atau orang lain saat membutuhkan APAR dalam kondisi darurat.

2. Jaraknya 1,2 Meter dari Lantai

Berapa jarak penempatan APAR? Permenakertrans No. 4 Tahun 1980 menetapkan jarak pemasangan APAR dari atas lantai adalah 120 cm atau 1,2 meter.

Penempatan APAR boleh dilakukan dengan jarak minimal 15 cm dari permukaan lantai untuk jenis APAR CO2 dan APAR dry chemical powder.

3. Pasang Tanda APAR

Jika tabung APAR sudah dipasang menggantung pada dinding, maka harus dilengkapi dengan pemasangan tanda APAR. Bentuk tanda APAR adalah segitiga sama sisi dengan dasar berwarna merah.

Tanda APAR berfungsi untuk menunjukkan posisi alat pemadam api yang dapat digunakan oleh orang-orang pada kondisi darurat.

Biar Siap Digunakan, Inspeksi APAR Rutin Wajib Dilakukan

batas suhu penempatan apar agar ready to use

Tidak hanya mengikuti peraturan dalam menyesuaikan batas suhu penempatan APAR, melakukan pengecekan APAR secara berkala juga penting, lho! Jangan sampai Anda lalai untuk melakukan pengecekan APAR.

Mulai dari memeriksa area sekitar peletakan APAR, kondisi APAR, hingga kondisi media APAR.  Pengecekan atau inspeksi APAR harus dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Hal tersebut bertujuan agar jika terjadi kerusakan pada APAR bisa diketahui dan segera diperbaiki. Akan tetapi, sebagian besar orang pasti malas untuk melakukan inspeksi APAR, apalagi memiliki banyak tabung APAR.

Tenang, sekarang sudah ada solusinya, yaitu aplikasi canggih untuk smartphone bernama Firecek. Pada aplikasi ini, terdapat banyak  fitur yang bisa Anda gunakan untuk membantu dalam mengelola APAR.

Penasaran? Baca pembahasan lengkap terkait Firecek di sini …

Nah, itulah pembahasan tentang peraturan dari Permenakertrans yang berisikan tentang standar penempatan dan batas suhu penempatan APAR. Jika Anda belum memiliki APAR, bisa membeli APAR Firefix berkualitas di sini …

Recommended Posts

Leave a Comment

0