Cara pengecekan APAR terkini memampukan Fire Gankz untuk menggunakan smartphone dalam proses inspeksi. Penasaran bagaimana bisa melakukan inspeksi APAR secara digital? Yuk simak di bawah ini!

Cara Pengecekan APAR dengan Aplikasi Cek APAR Firecek

Kini tiap APAR Firefix telah dilengkapi dengan QR code yang akan langsung terkoneksi dengan aplikasi cek APAR Firecek. Dengan aplikasi Firecek, kamu sudah ga perlu melakukan checklist APAR dengan kartu APAR konvensional, cukup scan QR code dan temukan kemudahan cek APAR digital pakai smartphone!

Cara Pengecekan APAR dengan Aplikasi Cek APAR Firecek

  • Kapasitas inventory besar untuk menyimpan data dan informasi APAR
    Berapapun APAR yang kamu miliki cukup satu akun Firecek untuk menyimpan data dan informasi APAR pada menu inventory. Kini kamu tidak perlu repot untuk mendokumentasikan data APAR satu persatu.
  • Dapatkan report analisa kebakaran
    Dengan aplikasi Firecek kamu akan mendapatkan report potensi dan risiko kebakaran. Sehingga kamu bisa menyesuaikan alat pemadam apa yang akan kamu persiapkan sesuai dengan kelas kebakaran dan potensinya.
  • Membuat anggaran maintenance APAR lebih mudah
    Budgeting atau penganggaran perawatan dan servis APAR lebih mudah dan transparan dengan menggunakan aplikasi Firecek.
  • Notifikasi seputar APAR di smartphone
    Ga perlu khawatir akan kelupaan tanggal kedaluwarsa APAR, aplikasi Firecek akan memberikan notifikasi APAR kedaluwarsa melalui smartphone dan segera lakukan refill APAR. Selain itu, jika kamu sudah membuat jadwal di aplikasi Firecek, maka akan muncul notifikasi pengingat untuk melakukan inspeksi APAR.
  • Membagikan report inspeksi APAR lebih mudah dan cepat
    Report inspeksi APAR, budgeting dan laporan-laporan lain bisa di-share ke berbagai platfrom dalam bentuk PDF dan juga bisa dicetak.

Sudah ga sabar untuk melakukan pengecekan APAR dengan aplikasi Firecek? Yuk segera coba aplikasinya di sini!

Cara Pengecekan APAR dan Kelayankannya Permenakertrans

Cek APAR tidak boleh sembarangan, ada rujukannya yaitu Permenakertrans No. PER. 04/MEN/1980 tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), bahwa pemilik alat pemadam api wajib untuk melakukan pengecekan setiap 6 bulan dan mengikuti poin-poin di bawah ini:

Cara Pengecekan APAR dan Kelayankannya Permenakertrans

  • Pastikan tekanan APAR sesuai standar (13-20 bar) dengan mengecek jarum penunjuk tekanan pada APAR stored pressure. Sedangkan untuk APAR cartridge, cek tabung penyimpanan tekanan dalam APAR, karena cukup detail dan perlu membongkar tabung, maka sebaiknya dilakukan oleh ke teknisi APAR.
  • Cek fisik APAR, tabung tidak boleh bocor, berkarat maupun penyok, termasuk handel, pin dan segel harus selalu dalam keadaan baik dan terpasangan pada tempatnya. Jika ditemukan kerusakan pada komponen tersebut segera lakukan pengantian.
  • Periksa bagian output APAR dan pastikan mulut pancar tidak tersumbat, juga selang APAR yang terpasang tidak boleh retak, kaku atau menunjukan tanda-tanda rusak.
  • Pastikan media APAR dalam volume dan berat yang semestinya. Jika media APAR kedaluwarsa atau sudah habis digunakan segera refill. Khusus untuk APAR powder, tabung bisa dibolak-balik untuk mengecek apakah media masih bagus atau menggumpal.
  • Perhatikan apakah APAR sudah dipasang sesuai standar atau belum (15-125 cm di atas lantai dan dilengkapi dengan box APAR untuk outdoor) jika belum sesuaikan dengan SOP penempatan APAR.

cara pengecekan APAR gartis teknisi profesional

Pengecekan APAR harus dilakukan rutin setiap 6 bulan. Sayangnya, agenda penting ini seringkali terlewatkan karena keribukan, kurangnya pelatihan karyawan, ataupun minimnya pengawasan. Nah, biar agenda inspeksi rutin tetap jalan. kamu bisa ikut layanan Cek APAR Gratis.

Kapan lagi bisa dapetin layanan pengecekan APAR secara gratis hingga 5 tahun? Selain praktis, kamu juga bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Tapi, langanan ekslusif ini hanya untuk pelanggan yang terpilih saja. Jadi, segera daftarkan perusahaanmu sekarang ya.

Jangan lupa setelah melakukan pengecekan dokumentasikan dengan aplikasi Firecek yang dapat diakses via smartphone maupun web, sangat mudah bukan?!

Cara pengecekan APAR, Cara pengecekan APAR, Cara pengecekan APAR, Cara pengecekan APAR, Cara pengecekan APAR

Recommended Posts

Leave a Comment

0